Bandung (Antaranews Jabar) - Calon Presiden Nomor Urut 1 Joko Widodo menemui sejumlah masyarakat kreatif Bandung di Simpul Space Bandung Creative City Forum, Jalan Braga, Bandung.

Jokowi pada acara Sabtu malam itu didampingi oleh Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, kader Partai Golkar Agus Gumiwang, serta mantan Sekjen PDI Perjuangan Pramono Anung, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Capres Jokowi yang tiba pada pukul 19.47 WIB melihat beberapa karya seni yang dipajang di ruangan.

Dalam acara itu, Jokowi yang juga Presiden petahana, mengenakan pakaian kemeja berwarna putih dan disambut oleh Ketua BCCF Tita Larasati.

Ruangan di Simpul Space itu dihiasi oleh beberapa pameran karya seni dan paparan mengenai instalasi seni.

Selain itu, mantan gubernur DKI Jakarta itu juga menemui barista yang membuka kedai kopi di tempat itu.

Acara itu juga diikuti oleh start up dan pengusaha muda yang mengembangkan ekonomi digital.

Baca juga: Jokowi sambangi pusat belanja Paskal Hyper Square Bandung

Baca juga: Jokowi temui caleg partai koalisi di Jabar

Paling Siap

Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo mengatakan Kota Bandung, Jawa Barat, merupakan pusat kreativitas atau "creative hub" paling siap di Indonesia.

"Semuanya ada, 'content creator' ada, kreatif ada. Terbuka betul, bahwa merespon perubahan global kita ini, tidak ketinggalan," kata Jokowi saat memberikan sambutan ketika bertemu masyarakat kreatif Bandung di Simpul Space, Bandung Creative City Forum (BCCF), Sabtu malam.

Menurut Jokowi, untuk mendorong kreativitas itu dibutuhkan ekosistem untuk perkembangan yang baik.

Dia menjelaskan pemerintah juga terus memperbaiki dan mengurangi regulasi yang berpotensi menghambat perkembangan industri kreatif maupun ekonomi digital.

"Saya selalu menyampaikan ke menteri jangan buat aturan yang aneh-aneh yang berkaitan dengan 'digital economy', yang berkaitan dengan industri kreatif. Kalau sudah diminta betul oleh pelaku-pelaku baru munculkan," tegas Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengatakan dunia saat ini sedang berubah dengan cepatnya memasuki revolusi industri ke empat.

Perkembangan iptek dan teknologi komunikasi serta dunia digital selalu bermunculan setiap saat.

"Sehingga sekali lagi saya ingin mengatakan selamat datang industri kreatif, industri digital, 'digital economy' di negara kita yang sudah disambut secara cepat oleh Bandung," jelas Jokowi.

Capres 01 melakukan diskusi terbuka bersama sejumlah pegiat karya seni, pengembang usaha rintisan atau "start up" dan pembangun ekonomi digital di BCCF.

Dia juga melihat beberapa karya seni yang diciptakan pemuda-pemudi Bandung. 

Baca juga: Ternyata, sepeda ontel yang dikendarai Presiden tak miliki rem

 

Pewarta: Bayu Prasetyo

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018