Karawang (Antaranews Jabar) - Masyarakat Kepulauan Bangka Belitung mengapresiasi kinerja Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam penanganan korban kecelakaan pesawat Lion Air PK-LQP nomor penerbangan JT 610 di perairan Karawang.

"Sangat luar biasa kinerja seluruh instansi yang dilibatkan oleh Pemprov Jabar selama proses evakuasi ini berlangsung. Kami mewakili masyarakat Babel mengapresiasi setinggi-tingginya," kata Ketua Laskar Sekaban Babel, M Achin di Karawang, Rabu siang.

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Laskar Sekaban merupakan perwakilan dari masyarakat Bangka Belitung yang diutus oleh Gubernur setempat, Erzaldi Rosman, meninjau proses evakuasi korban kecelakaan pesawat di Jakarta dan Karawang.

Achin membawa serta enam warga lainnya yang berdomisili di Kecamatan Bangka, Kepulauan Bangka Belitung dalam perjalanan menuju lokasi jatuhnya pesawat di sekitar Tanjung Karawang.

"Kedatangan kami ke Karawang ini untuk memantau langsung situasi keluarga korban. Dari total 189 korban, sebanyak 86 di antaranya merupakan saudara kami di Bangka," katanya.

Achin mengatakan, perwakilan warga Babel itu bertolak dari Bandara Depati Amir Pangkal Pinang sejak Selasa (30/10) dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta.

Rombongan langsung meninjau kondisi keluarga korban di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta dan meneruskan perjalanan menuju Posko Utama di Tanjung Priok, Jakarta.

"Keluarga korban yang kami jumpai rata-rata sudah mengikhlaskan kejadian ini, namun mereka tetap berharap jenazah korban bisa ditemukan," katanya.

Achin mengatakan upaya pencarian terhadap jasad korban di sekitar perairan Tanjung Karawang terpantau sudah cukup maksimal.

"Saya lihat banyak sekali instansi berkompeten yang terlibat hingga hari ini, khususnya Tim SAR Bandung," katanya.

Seluruh alutsista perairan dikerahkan oleh TNI, Polri, Basarnas serta sejumlah instansi terkait lainnya, Achin berharap upaya evakuasi itu bisa menjadi percontohan bagi pemerintah daerah lainnya dalam proses evakuasi korban bencana.

"Pemprov Jabar telah menurunkan seluruh elemen membantu pencarian korban. Mudah-mudahan bisa jadi contoh provinsi lain di Indonesia," katanya.

Achin juga mengabarkan agenda kedatangan Gubernur Babel Erzaldi bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil menuju Posko Taktis ke pesisir Pantai Tanjung Pakis pada Kamis siang.

"Pak Gubernur Babel sudah mengonfimasi kehadirannya di Karawang hari ini. Dia akan datang bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil untuk memberikan motivasi dan ucapan terima kasih," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018