Bandung (Antaranews Jabar) - Sejumlah komunitas ekonomi kreatif yang dijuluki sebagai 'Avengers' berkumpul di Kota Bandung, Jumat, menghadiri Forum Berbagi yang diadakan oleh Gerakan Kolaborasi Positif.

"Para `Avengers` muda ekonomi kreatif di Bandung yang kita kumpulkan ini diharapkan akan mampu berperan menggerakkan ekonomi," kata Koordinator Gerakan Kolaborasi Positif Dimas Oky Nugroho.

Dia menjelaskan para komunitas kreatif di Bandung dan di kota-kota lainnya adalah para pendekar `Avengers? karena mereka bisa mencari solusi ekonomi dan aktivitas sosial di kalangan anak muda.

Dimas menuturkan sejumlah komunitas muda kreatif yang hadir pada acara tersebut ialah Turun Tangan, Teman Tanpa Batas, ARSA Bandung, Young on Top Bandung, Bandung Film Council dan sejumlah komunitas kreatif lainnya.

"Menurut saya Bandung ini diakui atau tidak telah adalah menjadi semacam ibu kota anak muda kreatif se Indonesia," kata Dimas.

Dia menyarankan gagasan agar komunitas-komunitas kreatif di Bandung membuat sebuah festival komunitas kreatif.

Festival juga mempertemukan para komunitas yang berbagai rupa dengan berbagai institusi swasta ataupun pemerintah yang memiliki perhatian yang sama untuk bekerja bersama membangun sosial masyarakat.

Sementara Founder Bakat Indonesia (www.bakatindonesia.com), Erwin Morron menambahkan Bandung membutuhkan semangat baru untuk menyatukan dan memberi semangat komunitas kreatif sehingga menjadi lebih produktif. Setelah sekian lama tidak pernah ada semangat bersama antar komunitas untuk menyamakan visi.

"Anak muda Bandung membutuhkan suntikan semangat seperti ini (Forum Berbagi) karena dari hal serius tapi santai kita menyamakan frekuensi kita dan lalu membangun agenda bersama kembali," kata Erwin.

Selain itu, Penggiat Bandung Film Council Gilang Nurrahman berharap kota Bandung menjadi lebih baik dan inisiatif kreatif tidak hanya menjadi wacana.

"Seringkali program-program yang katanya untuk mendukung ekonomi kreatif hanya terjebak pada rutinitas pelaksanaan FGD semata," kata Galih.

Staf Pengajar Kebijakan Publik dari Universitas Padjadjaran Dr Yogi Suprayogi menambahkan untuk pertama kalinya Jawa Barat akan memiliki Perda Ekonomi Kreatif.

"Inisiatif ini mungkin pertama kali di Indonesia", kata Yogi.


 

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018