Bandung (Antaranews Jabar) - Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil memimpin upacara pengibaran bendera 45 negara peserta Asian Games 2018 di Jalan Soekarno Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu aksi solidaritas warga Bandung dengan dimulainya Asian Games.

"Dengan dikibarkannya 45 bendera negara peserta Asian Games 2018 ini secara resmi dimulainya Asian Games. Sebagai tuan rumah Asian Games kita harus turut mendukung. walaupun tidak ada perhelatan atau venue di sini," ujar dia.

Dia mengaku Kota Bandung adalah Ibu Kota Solidaritas Asia Afrika dan dengan turut serta semangat dan sportivitas sama saja mendukung keberlangsungan Asian Games.

Selain itu, Kang Emil juga berterima kasih kepada ratusan anggota Pramuka Bandung yang berhasil menyukseskan Upacara Pengibaran Bendera Asian Games.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerja Cabang Kota Bandung, Aldi Agusti menambahkan ada 160 orang yang terlibat dalam upacara pengibaran bendera peserta Asian Games 2018 tersebut.

"Ya jadi dari pramuka ada 160 anggota yang ikut serta, 135 orang sebagai pengibar Bendera. Dalam satu tiang terdapat tiga orang anggoga, dan lainnya sebagai marchingband," ujar Aldi.

Pramuka Kota Bandung yang bertugas mengibarkan bendera adalah Pramuka Penegak Pandega usia 16 hingga 25 tahun. Pramuka Kota Bandung juga setiap tahunnya bertugas dan dilibatkan dalam acara Asia Afrika.

"Setiap tahun pengibaran bendera di Asia Afrika tapi baru tahun ini dalam acara Asian Games. Perasaannya cukup mengharukan nama pramuka karna pramuka sebagai agen perdamaian bangsa," tambah Aldi.

Aldi juga berharap agar Indonesia medapat peringkat pertama untuk juara umum pada acara olahraga bergengsi Asian Games 2018.

Pewarta: Tirta Destalia

Editor : Isyati Putri


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018