Bandung (Antaranews Jabar) - Laga lanjutan cabang sepak bola putra Asian Games XVIII 2018 Grup E antara tim nasional Kyrgizstan kontra Bahrain berakhir dengan skor imbang 2-2, Jumat.

Laga yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung ini berakhir dramatis. Sempat unggul 2-1 hingga menit ke 90, Kyrgizstan harus rela berbagi satu poin setelah penyerang Bahrain, Ahmed Sanad, menyamakan kedudukan di menit tambahan atau tepatnya 90+4.

Mengawali babak pertama, kedua tim silih berbalas serangan. Pada menit ke-11 Kyrgizstan hampir unggul terlebih dahulu melalui Ernist Batyrkanov.

Berawal dari tendangan bebas Kairat Zhyrgalbek, bola dikirimkan ke dalam kotak penalti Bahrain. Bola langsung disambar tendangan salto Ernist yang mengarah ke sisi kiri gawang Bahrain. Beruntung kiper Bahrain Ahmed Ammar berhasil menepis sepakannya.

Usai serangan tersebut, Bahrain secara bergantian melakukan serangan. Secara strategi, Bahrain bermain lebih menekan hingga garis pertahan lawan.

Mohammed Marhoon mampu membawa Bahrain unggul terlebih dahulu di menit 18. Bermula dari kesalahan bek Kyrgizstan yang salah memberikan umpan di depan kotak penalti. Hashim Hashim yang berhasil merebut bola dan langsung mengumpan kepada Marhoon yang berdiri bebas.

Pemain bernomor punggung 8 ini hanya tinggal menyonteknya ke arah kiri gawang yang sulit diantisipasi Ammer Ahmed, 1-0 untuk keunggulan Bahrain.

Dua menit setelah gol Bahrain, Kyrgizstan memiliki kesempatan untuk menyamakan kedudukan. Kemelut yang terjadi di depan mulut gawang Bahrain, bisa di blok bek Ahmed Bughammar.

Memasang garis pertahanan tinggi yang ditampilkan Bahrain, selalu membuat para bek Kyrgizstan tertekan. Jelang pertandingan babak pertama berakhir, Bahrain hampir saja menambah keunggulan akibat kesalahan yang dilakukan bek Kyrgizstan.

Beruntung, bola yang dikuasai Abdulaziz Almansoori bisa diblok bek Kyrgizstan, Mustafa Iusupov. Hingga paruh pertama skor bertahan 1-0 untuk keunggulan Bahrain.

Pada babak kedua, Kyrgizstan langsung menampilkan permainan menyerang guna mengejar ketertinggalan. Pelatih Igor Kudarenko langsung menginstruksikan dua pemain untuk tetap berada di depan garis pertahanan lawan.

Hasilnya pun terbukti, pada menit ke-59, sepakan Odilzhon Abdurakhmanov berhasil menyamakan kedudukan setelah menerima umpan Kairat Zhyrgalbek Uulu di sisi kanan gawang, 1-1 untuk kedua tim.

Usai gol tersebut, jual beli serangan terus terjadi, namun Kyrgizstan lebih banyak menciptakan peluang berbahaya. Tercatat dua, serangan yang dibangun Kyrgizstan berbuah kemelut di depan mulut gawang.

Sementara penyerangan Bahrain lebih banyak diblok oleh pemain belakang Kyrgizstan. Kesulitan menembus pertahanan membuat Bahrain sering melepaskan bola di luar garis kotak penalti.

Sepuluh menit jelang pertandingan berakhir penyerang Kyrgizstan, Ernist Batyrkanov, mampu mengubah papan skor menjadi 2-1. Aksi solo run dia mempu mengecoh dua bek lawan sebelum sontekannya merobek jala gawang Ahmed Ammar.

Pertandingan pada Jumat sore ini berjalan dramatis. Ahmed Sanad membawa Bahrain lolos dari kekalahan sesaat sebelum wasit membunyikan peluit akhir pertandingan.

Bermula dari kemelut yang terjadi di depan mulut gawang, Ahmed Sanad yang berdiri tanpa pengawalan dengan mudah menceploskan bola melalui sundulan. Skor berubah 2-2.

Hingga wasit Nivon Robesh Gamini dari Srilanka membunyikan peluit panjang tanda pertandingan berakhir, skor imbang 2-2 untuk kedua tim. Hasil ini membuat peluang kedua tim masih membuka untuk lolos fase grup E. 

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Isyati Putri


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018