Cianjur (Antaranews Jabar) - Pemkab Cianjur, Jawa Barat, akan mensterilkan sejumlah ruas jalan yang akan dilalui Obor Asian Games 2018, saat singgah di Cianjur pada Senin, 13 Agustus.

Kepala Dinas Perhubungan Cianjur, Rahmat Hartono di Cianjur Rabu, mengatakan berdasarkan hasil perencanaan, jalur yang dlilintasi sudah dipastikan akan steril dari kendaraan termasuk yang parkir di badan jalan.

Sehingga pengendara diimbau untuk mengambil rute alternatif, terutama saat iring-iringan pembawa obor Asian game melintas di sejumlah jalan protokol di wilayah tersebut.

"Kendaraan tidak dapat melintas ke jalur yang sudah ditentukan, namun setelah rombongan melintas, beberapa jenis kendaraan dapat masuk dengan beberapa catatan, terutama angkutan tidak boleh berhenti di titik rawan macet," katanya.

Ia menuturkan, ruas jalan yang akan dilalui seperti Jalan Raya Bandung, Jalan Hos Cokroaminoto, Jalan Mangunsarkoro, Jalan Aria Cikondang, Jalan Siliwangi dan Jalan Siti Jenab.

"Titik awal penyambutan di Terminal Rawabango dan berakhir di Pendopo Cianjur. Petugas Dishub akan diterjunkan dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan pengaturan lalu lintas di tiap persimpangan," katanya.

Terkait rencana tersebut, pihaknya sudah melakukan sosialisasi dengan mengirimkan surat ke sejumlah instansi. Pengendara diimbau untuk mengambil jalur alternatif dan tidak melintas ke jalur yang dilintasi obor.

Sedangkan Pemkab Cianjur terus mempersiapkan penyambutan obor Asian Games 2018 yang direncanakan akan melintas ke Cianjur, atlet asal Cianjur akan mendampingi rombongan pembawa obor.

"Saat ini kami terus berkoordinasi dengan aparat terkait TNI/Polri guna mempersiapkan pengamanan rencana kedatangan obor Asian Games," kata Asisten Daerah I Setda Cianjur, Asep Suparman.

Pihaknya pun telah berkordinasi dengan KONI Cianjur terkait keterlibatan 10 orang atlet Cianjur yang akan mendampingi pembawa obor.

Setelah disambut Sekretaris Daerah (Sekda) Cianjur, di Terminal Rawabango, obor akan dibawa atlet nasional dan lokal Cianjur serta Pasgab terdiri dari TNI dan Polri yang dibentuk INASGOC.

"Semalam di Cianjur obor selanjutnya kembali diserahkan pada panitia INASGOC yang akan membawanya ke Kota Bogor. Kami berharap seluruh lapisan menyambut meriah kedatangan obor Asian Game," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Isyati Putri


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018