Bandung (Antaranews Jabar) - PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) melalui program tanggung jawab sosial perusahaan(corporate social responsibility- CSR) membagikan 14 hewan qurban berupa sapi terkait Perayaan Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah/2018.

Penyaluran hewan qurban dilakukan kepada 14 desa ring satu Bandara Kertajati dan desa terdampak untuk pengembangan kawasan aerocity yang ada di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra, Selasa, mengatakan, program CSR yang diselenggarakan bersama CSR PT BIJB Aerocity Development (AD) ini berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya karena ada nilai edukasi diberikan pada masyarakat yang menerima manfaat tersebut.

"Program CSR kami pada 2018 berbeda dengan tahun - tahun sebelumnya karena ada nilai tambahan berupa pelatihan penggemukan serta perawatan sapi," kata Virda.

Sapi untuk 14 desa ini yakni Kertajati Sukamulya, Sukakerta, Bantarjati, Kertasari, Mekarmulya, Mekarjaya, Babakan, Palasah, Kertawinangun, Pasiripis, Sukawana, Pakubeureum, dan Sahbandar sudah didistribusikan ke setiap desa sejak 21 Juli 2018.

Pembagian hewan qurban diterima langsung masing-masing aparat desa.

Setelah hewan diterima, setiap desanya harus melakukan perawatan karena parameter penilaiannya saat lomba adalah tingkat kenaikan berat badan dan kebersihan hewan.

Ia mengatakan dalam pelaksanaannya PT BIJB dan PT BIJB AD yang menggandeng NGO Nasional Filantra melakukan pengawasan berkala sampai hewan siap disembelih pada 22 Agustus 2018 atau 10 Dzulhijah nanti.

Menurut dia dengan dilibatkan juga relawan lokal untuk dilakukan pendampingan selama pelaksanaan sejak 21 Juli sampai 21 Agustus 2018.

"Nantinya sebelum penyembelihan ada penilaian ?dan dilombakan antardesa untuk mendapatkan hadiah," kata Virda.

Ia mengatakan program CSR PT BIJB dan PT BIJB AD melalui amal kreatif merupakan satu dari bentuk kepedulian perusahaan terhadap warga sekitar Bandara Kertajati yang sudah terjalin baik sejak fasilitas perhubugan udara ini dibangun.

"Cara ini juga sebagai bentuk memotivasi masyarakat untuk turut berpartisipasi dengan cara berbeda perayaan umat Islam dalam sebuah peristiwa Idul Qurban atau dikenal juga Lebaran Haji," katanya.



 

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018