Bandung (Antara) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat memastikan logistik utama untuk pencoblosan siap didistribusikan ke tingkat kecamatan untuk selanjutnya diberikan ke tempat pemungutan suara (TPS) di 27 kabupaten dan kota.

"Terutama logistik yang sifatnya utama untuk perlengkapan di TPS seperti bilik, tinta, surat, kotak suara sudah ada di KPU Kabupaten Kota. Sekarang mungkin sudah bergeser di kecamatan," ujar Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat di Bandung, Sabtu.

Menurutnya, logistik tersebut paling lambat akan didistribusikan pada 26 Juni ke 75.422 TPS yang tersebar di Jawa Barat.

KPU pun menjamin saat pendistribusian logistik ke TPS akan dijaga ketat oleh aparat keamanan, guna menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Tanggal 26 kotak, surat dan bilik suara sudah bergeser di TPS. Tingkat pengamanan harus diperhitungkan. Nanti PPS ngirim ke TPS malam hari saja," kata dia.

Meski begitu, kata dia, masih ada satu logistik yang belum bisa didistribusikan yakni formulir C1. Namun ia menjamin ketersediaan formulir C1 akan selesai hari ini dan segera langsung didistribusikan.

"Langsung disalurkan ke kabupaten kota, produksinya di Tangerang. Yang daerahnya deket langsung diambil, kalau yang jauh, nanti sama perusahaan dikirim ke KPU Jabar dan mereka ngambil ke KPU Jabar," kata dia.

Sementara untuk surat suara yang rusak, kata dia, sudah mengalami pergantian dari perusahaan percetakan.

"(Surat suara) yang rusak itu sedikit, sudah diganti. Kabupaten kota sudah mengajukan dan menyerahkan yang rusak ke kami. Kemarin (surat suara) sudah beres," kata dia.

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Isyati Putri


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018