Garut (Antaranews Jabar) - Jalur selatan Jawa Barat di Limbangan-Malangbong dan Leles-Kadungora, Kabupaten Garut, mulai dibuka-tutup satu arah untuk mengurai kepadatan arus balik kendaraan menuju Nagreg, Kabupaten Bandung, Senin malam.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut, AKP Erik Bangun Prakasa mengatakan, sistem satu arah diprioritaskan untuk arus kendaraan dari arah timur atau Tasikmalaya menuju barat atau Nagreg, Kabupaten Bandung.

"Prioritas (satu arah) Tasikmalaya ke Bandung," kata Erik.

Ia menuturkan, arus balik lebaran sudah mulai terjadi di jalur nasional lintas Malangbong-Limbangan maupun di jalur Leles-Kadungora.

Dua jalur itu, kata dia, sudah beberapa kali diberlakukan sistem satu arah menuju Bandung untuk mengurai kepadatan di jalur tersebut.

"Sistem `one way` efektif untuk mengatasi kepadatan," katanya.

Ia mengimbau pengendara yang hendak melakukan perjalanan arus balik agar memilih waktu yang tepat untuk menghindari kepadatan arus kendaraan di jalan raya.

Selain itu, Erik mengimbau pengendara roda dua maupun empat untuk memperhatikan kesehatan fisik juga kondisi kendaraan harus prima.

"Perhatikan kesiapan fisik dan kesiapan kendaraan," katanya.

Sementara itu, hingga pukul 21.00 WIB, arus kendaraan di kawasan bunderan Tarogong menuju jalan utama Bandung-Garut lintas Leles-Kadungora masih terjadi kepadatan.

Antrean kendaraan itu tampak mengular di satu lajur sepanjang Jalan Garut-Bandung.

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Isyati Putri


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018