Bandung (Antaranews Jabar) - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat (Kapolda Jabar), Irjen Pol Agung Budi Maryoto, mengimbau kepada pemudik khususnya pengguna kendaraan bermotor untuk beristirahat di Polsek-polsek terdekat apabila merasa kelelahan saat perjalanan.

"Semua Polsek juga membuka tempat istirahat, saya buka pintu selebar-lebarnya dan pos pelayanan sudah digelar banyak silahkan dimanfaatkan khususnya untuk roda dua, untuk beristirahat" ujar Kapolda Agung saat meninjau kelancaran arus mudik di Stasiun Bandung, Senin.

Agung meminta kepada pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor jangan memaksakan diri dengan terus memacu laju kendaraannya, apabila saat diperjalanan merasa lelah dan mengantuk.

Menurutnya, kecelakaan lalu lintas yang banyak terjadi diakibatkan oleh pengendara terus memaksakan untuk berkendaraan meski merasa mengantuk.

"Saya mengajak pemudik untuk beristirahat dulu di Polsek atau posko hingga kondisi tubuhnya fit kembali," kata dia.

Saat disinggung mengenai puncak arus mudik, menurut Agung, lonjakan yang signifikan sudah terjadi pada Sabtu malam dan Minggu malam.

Ia memprediksi kepadatan akan terjadi pada Senin malam, meski jumlahnya tidak terlalu signifikan seperti dua hari ke belakang.

"Evaluasi titik puncak mudik itu tadi malam Minggu dan malam Senin. Sekarang hanya padat, nanti malam mungkin begitu selesai buka, jalan lagi tapi tidak terjadi hal yang signifikan," kata dia.

Menurutnya, lancarnya arus mudik 2018 dipicu oleh panjangnya hari libur sebelum memasuki Idul Fitri. Dengan begitu, masyarakat memiliki banyak opsi saat akan pulang ke kampung halamannya.

"Memang liburnya ini panjang, jadi sudah membagi sendiri. Jadi sangat terbantu, malah antisipasinya arus baliknya. Kalau bareng-bareng (arus balik) kita siap juga," katanya.
 

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018