Bandung  (Antaranews Jabar) - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk atau Bank bjb menyiapkan dana likuiditas sebesar kurang lebih Rp14,4 triliun terkait upaya mengantisipasi kebutuhan dana masyarakat di Bulan Ramadhan dan libur Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah atau Lebaran 2018.

"Dana tersebut bakal disebar ke kantor bank bjb di kota tujuan mudik dan dana tersebut meningkat 50 persen dibanding alokasi dana yang disiapkan pada Bulan Ramadhan dan lebaran tahun lalu," kata Direktur Utama Bank bjb Ahmad Irfan, di Bandung, Kamis.

Peningkatan dana likuiditas terkait lebaran 2018 ini, kata Irfan, dikarenakan oleh pencairan Dana Sertifikasi Guru. Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Gaji ASN dan Pensiunan bulan Juni, Gaji ke-14 ASN dan Pensiunan serta THR ASN dan Pensiunan.

Dia mengatakan bank bjb pun menerima layanan penukaran uang di seluruh kantor cabang namun Ramadhan tahun ini, bank bjb melalui kantor cabang pembantu Pemkot Bandung yang ditunjuk bersama sejumlah bank lainnya khusus melayani penukaran uang di sekitar Bank Indonesia untuk wilayah Bandung.

Menurut dia Bank Indonesia telah menyediakan uang kartal sebesar Rp188,2 triliun untuk menghadapi Lebaran tahun ini dan dana tersebut disebar ke sejumlah kantor perwakilan Bank Indonesia di sejumlah daerah.

Irfan menyebutkan bank bjb pun melayani penukaran uang pecahan kecil (UPK) melalui mobil layanan jasa yang digelar 21 Mei hingga 7 Juni 2018 untuk wilayah Bandung dan sekitarnya.

Kegiatan itu dilaksanakan di monumen perjuangan rakyat, lapangan Tegallega, Alun-alun Ujungberung, Alun-alun Cimahi, halaman parkir Balai Kota Bandung dan Asia-Afrika (Jalan Sukarno).

"Penukaran UPK juga digelar di seluruh kantor cabang bank bjb, yang tersebar di seluruh Indonesia," kata Irfan.

Selain itu, lanjutnya, bank bjb pun membuka layanan weekend banking sehingga bank bjb tetap beroperasi setiap akhir pekan dan hanya tutup pada tanggal 10, 16, 17 Juni 2018 namun nasabah bisa menggunakan layanan non operasional kantor e-channel seperti ATM, bjb NET, bjb SMS dan bjb DIGI.

"Layanan menjelang liburan lebaran didukung oleh ribuan jaringan ATM. ATM bank bjb tersebar di wilayah strategis Indonesia dan didukung jaringan ATM Bersama dan Jaringan PRIMA yang ada di Indonesia," katanya. 

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018