Bandung (Antaranews Jabar) - Warga Desa Wadas, Kecamatan Teluk Jambe, Kabupaten Karawang, curhat soal pengangguran saat ditemui oleh Calon Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil, Sabtu, dan masalah pengangguran masih menjadi topik paling mengemuka di setiap blusukan Emil.

"Pembangunan tumbuh pesat, tapi warganya hanya jadi penonton. Kami ingin Ridwan Kamil membawa kami dalam gerbong pembangunan," kata Wawan Karyawan, warga setempat kepada Kang Emil.

Kang Emil dalam siaran persnya, mengakui masalah pengangguran menjadi topik hampir di setiap kota dan kabupaten dan di Kabupaten Karawang, banyak warga yang curhat terkait masalah pengangguran.

Ia mengatakan mereka merasa hanya jadi penonton di Kabupaten Karawang, sementara industri hadir di mana-mana.

"Salah satu solusi yang sudah saya komunikasikan dengan pemilik-pemilik industri adalah mereka sepakat dengan konsep pasangan Rindu (Ridwan Kamil - Uu), yaitu menyediakan sekolah di dalam industri atau di dalam pabrik," kata Kang Emil.

Dia menjelaskan, warga yang menganggur dan skill-nya kurang dikursuskan atau disekolahkan dan setelah lulus dari pabrik itu maka bisa bekerja di pabrik tersebut karena skillnya sudah terlatih.

Hal ini juga memastikan bahwa warga lokal mampu bersaing dengan warga pendatang.

"Inilah upaya saya sebagai calon gubernur memastikan dan ini sangat mudah untuk dieksekusi. Insya Allah, kalau takdirnya datang saya menjadi Gubernur Jabar, maka saya akan buat aturannya melalui peraturan gubernur," kata dia.

Kang Emil melanjutkan, untuk warga yang ingin bekerja di rumah, ada program satu desa satu perusahaan dan ini jadi program unggulan pengentasan pengangguran dan kemiskinan pasangan Rindu (Ridwan Kamil-Uu).

"Jadi warga buka pintu bekerja saja di rumahnya tanpa perlu pergi ke luar desanya atau ke kota, tapi di order membuat produk-produk yang nanti dibeli oleh perusahaan yang dibikin," katanya.

Program lainnya, yakni kredit Mesra (Masjid Sejahtera) dan melalui kredit tersebut, warga bisa mengakses modal untuk usaha warung sehingga tidak perlu ke bank atau rentenir, cukup datang ke masjid ada pertolongan program dari gubernur.

"Inilah program spesifik yang diminati oleh warga Karawang, mudah-mudahan bisa menguatkan kemenangan pasangan Rindu," ujarnya.






 

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018