Bandung  (Antaranews Jabar) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) akan membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat menyosialisasikan pentingnya menggunakan hak suara dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak.

Kepala Kesbangpol Jabar Ruddy Ganda Kusumah di Bandung, Senin, mengatakan, pihaknya berencana melakukan sosialisasi dengan menggelar konser yang diisi band Ibu Kota maupun lokal.

"Untuk mengumpulkan massa tanpa hiburan cukup sulit. Oleh karena itu kami akan hadirkan band papan atas untuk ikut memeriahkan acara tersebut," ujar Ruddy.

Acara yang dikemas dalam panggung hiburan ini akan digelar pada Sabtu (5/1) di Lapangan Pussenif Kota Bandung dengan sasaran para pemuda.

Dalam acara tersebut, Kesbangpol Jabar akan mengundang pelajar yang telah memiliki hak suara, serta masyarakat dari berbagai organisasi kepemudaan.

"Ya, kami menyasar para generasi milenial, namun bukan berarti bapak-bapak dan ibu-ibu tidak diikutsertakan," katanya.

Ruddy mengatakan, acara serupa sudah pernah dilakukan di beberapa kota dan kabupaten.

Menurut dia, hal tersebut dilakukan agar target 70 persen partisipasi bisa tercapai di pilkada serentak Jabar 2018.

"Kami sudah roadshow ke Kabupaten Karawang, lalu dilanjutkan ke Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung dan di Kabupaten Indramayu. Jadi di kota Bandung ini adalah puncak dari acara roadshow Harmoni Pesta Demokrasi," katanya.

Ruddy berharap, pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan di Jawa Barat bisa berjalan dengan lancar, sukses dan kondusif tanpa ada gejolak ditengah masyarakat.

Ia juga ingin seluruh masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya untuk menentukan kepemimpinan Jawa Barat ke arah yang lebih baik.

"Makanya saya mengajak juga seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama menciptakan Pilkada yang damai, aman tanpa ada timbul ekses atau gejolak perpecahan di tengah masyarakat," ujarnya.

Gelaran roadshow ini bakal disemarakkan dengan berbagai kegiatan seperti menampilkan kesenian tradisional dan door prize bagi peserta.

Sebagai acara puncak Pesta Demokrasi rencananya bakal ada penampilan Band Kotak. Selain itu juga ada akan dimeriahkan dengan penampilan Mat Bitel, Mat Setum, Time Bom Blues, Black Juice, Kawan Baik, New Friend, Jamaicca Sound, Madame Rockers, De Roxxx, The Lizens, Black SG dan Rdj Band. 

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018