Cianjur  (Antaranews Jabar) - Pengelola tempat wisata di kawasan Puncak-Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, menyatakan, angka kunjungan wisatawan ke kawasan Cibodas masih sedikit meskipun jalur Bogor-Puncak-Cipanas sudah kembali normal.

Koordinator Ketertiban kebersihan keindahaan K3 ODTW objek daerah tujuan wisata Cibodas  Adih Saputra pada wartawan Senin, mengatakan, sejak ditutupnya jalur Bogor-Puncak akibat longsor beberapa waktu lalu, angka kunjungan turun tajam.

Memasuki minggu kedua bulan Maret, tutur dia, angka kunjungan belum terlihat tinggi meskipun jalur yang ditutup sudah dapat dilalui  dari kedua arah sejak beberapa pekan terakhir.

"Mungkin wisatawan masih takut untuk melintas di jalur Puncak karena cuaca esktrem masih terjadi, intensitas hujan yang cukup tinggi setiap hari masih terjadi di kawasan ini," katanya.

Padahal, kata dia, aparat terkait sudah menjamin jalur Bogor hingga Cipanas layak dan aman untuk dilalui kendaraan.

"Libur akhir pekan biasanya 3.000 lebih pengunjung yang datang ke Cibodas, namun libur kemarin cuma sampai 1.000 pengunjung," katanya

Pelaksana gerbang retribusi Cibodas, Asep Badru, menambahkan, hingga bulan ini angka kunjungan ke kawasan wisata Cibodas masih rendah dibandingkan bulan-bulan sebelum longsor melanda kawasan Bogor.

"Sampai minggu kemarin libur panjang akhir pekan, angka kunjungan tidak sampai 1.000 orang. Harapan kami angka kunjungan kembali normal, seiring dengan cuaca yang kembali normal karena hingga saat ini, intensitas hujan menjadi faktor minimnya kunjungan," katanya. 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018