Bandung  (Antaranews Jabar) - Calon Wali Kota Bandung Oded M. Danial berjanji akan menyelesaikan permasalahan pedagang kaki lima (PKL) Cicadas dan Jalan Cikutra yang selalu menjadi persoalan sejak puluhan tahun.

Janji tersebut disampaikan Oded saat berkampanye ke daerah Cicadas, Kota Bandung bersama calon wakilnya Yana Mulyana pada Selasa.

"Para pedagang mereka meminta kepada saya supaya tetap dipertahankan tapi ada juga beberapa warga yang bilang mereka merasa terganggu," ujar Oded di Cicadas.

Rangkaian kampanye Oded di Cicadas diawali dengan berjalan kaki dari Jalan Cikutra hingga Jalan Cicadas. Saat memantau kondisi para PKL, ia sempat berbincang dengan para pedagang mengenai kondisi penjualan mereka.

Oded mengatakan, pihaknya telah menyiapkan beberapa skema terkait masalah PKL Cicadas ini. Pertama dengan penataan agar tidak terlalu kumuh, kemudian opsi lainnya dengan merelokasi ke tempat yang tidak terlalu jauh dari lokasi awal.

"Saya kira harus ditata apakah di sini atau direlokasi. Kita lihat nanti. Yang idealnya adalah direlokasi," kata dia.

Ia menyebut,  semasa kepemimpinannya bersama Ridwan Kamil, Pemkot Bandung sudah berupaya untuk menata para PKL agar tidak berjualan di trotoar.

Beberapa konsep pun ditawarkan seperti pemindahan ke basement dan halaman Bandung Trade Mall maupun Skywalk seperti di Cihampelas. Namun, dua konsep itu selalu mentok akibat adanya penolakan dari PKL.

Namun ia berjanji apabila nanti terpilih sebagai wali kota, akan memperhatikan nasib para PKL tanpa menganggu kepentingan masyarakat lainnya.

"Artinya ke depan harus kita menata PKL ini, agar PKL tetap bisa berjalan karena memang butuh hidup tapi juga bagaimana caranya tidak menganggu masyarakat sekitar," kata dia. 

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018