Bandung  (Antaranews Jabar) - PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat mendukung edukasi pengelolaan sampah untuk anak sekolah melalui Program Bina Lingkungan PLN Peduli dalam kegiatan Gembira Bersama Kelola Sampah Menuju Hidup Bersih dan Sehat diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup, di Bandung, Minggu.

General Manager PLN Distribusi Jawa Barat Iwan Purwana mengatakan sejak tahun 2014  PLN aktif membantu dan membina Bank Sampah Induk Kota Bandung.

Pada awal kerja sama, pihaknya telah menyalurkan satu unit motor roda tiga untuk keperluan angkutan sampah dari bank sampah unit ke bank sampah induk, pada saat itu Bank Sampah Induk Kota Bandung membawahi 52 unit bank sampah.

Sedangkan tahun 2016, PLN menyediakan lahan sewa dan dana untuk renovasi aset PLN serta untuk pengembangan operasional bank sampah, sehingga pada akhir 2017 Bank Sampah Induk Kota Bandung membawahi 131 unit bank sampah pada 54 kelurahan di Kota Bandung.

Menurutnya, saat ini transaksi dan pengelolaan Bank Sampah Induk Kota Bandung sudah dilakukan secara online melalui Aplikasi Bank Sampah, sehingga nasabah bank sampah dapat melakukan registrasi, bertransaksi dan mengecek saldo.

Bank Sampah ini telah berhasil mengurangi volume sampah yang diterima pada Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) karena sebagian sampah yang masih memiliki nilai ekonomi dapat dimanfaatkan.

Bank sampah menerima sampah dari warga yang masih dapat dijual ditukar dengan uang yang juga bisa ditabung.

Kini, Bank Sampah Induk Kota Bandung mempunyai Ecomart, sehingga warga dapat menukar sampah dengan vocer yang bisa digunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari, bahkan dapat digunakan untuk membayar tagihan dan token listrik PLN.

Dalam acara Gembira Bersama Kelola Sampah Menuju Hidup Bersih dan Sehat tersebut dilakukan penandatanganan Deklarasi Anak Indonesia Bersih oleh Menteri Lingkungan Hidup, General Manager PLN Distribusi Jawa Barat, dan Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil.

Selain itu, PLN menyerahkan bantuan kepada Bank Sampah Induk Kota Bandung sebesar Rp316.300.000, peningkatan sarana Bank Sampah Induk Kota Bandung dan pendirian 10 unit bank sampah baru.

Bantuan ini diserahkan oleh General Manager PLN Distribusi Jawa Barat kepada Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil atau Emil.

"Bantuan ini kami berharap bisa membantu memudahkan operasional Bank Sampah Induk Kota Bandung dan ke depannya bank sampah di Kota Bandung semakin berkembang", ujar Iwan.

Program Bina Lingkungan PLN Distribusi Jawa Barat sepanjang tahun 2017 kegiatan Bina Lingkungan yang diinisiasi oleh PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat dengan menyerahkan bantuan bernilai total Rp10.163.375.560, dengan total 88 program yang terealisasi.

Bantuan terbesar diberikan untuk sektor pendidikan sebesar Rp7 miliar. 

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018