Antaranews Jabar - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meresmikan Alun-alun Cicendo yang terletak di Jalan Arjuna, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, sebagai upaya pemerataan pembangunan infrastruktur di wilayahnya.

"Wajah Jatayu ada tanah kosong, sekarang punya tempat istimewa, harus aktif dengan kegiatan kesenian. Oleh karena itu, saya secara resmi menyerahkan ke masyarakat Cicendo," ujar pria yang akrab disapa Emil ini saat meresmikan Alun-alun Cicendo, Minggu malam.

Saat meresmikan Alun-alun, Emil didampingi wakilnya Oded M. Danial, istri Atalia Kamil, Ketua Kadin Jabar Agung Suryamal, dan Camat Cicendo Fajar Kurniawan.

Emil menyatakan, Alun-alun Cicendo ini merupakan yang tercantik dibanding infrastruktur lainnya. Di tanah sekitar 5.000 meter persegi ini terdapat beberapa area yang mempunyai fungsinya masing-masing.


Suasana Alun-alun Cicendo yang dipenuhi masyarakat ketika diresmikan Wali Kota Bandung. (Asep)


Saat memasuki area alun-alun, dua tugu yang melambangkan pandai besi seolah menjadi gerbang masuk menuju lokasi. Tak jauh dari tugu, beberapa fasilitas yang ada seperti skate park, area olahraga, tempat istirahat, pusat kuliner, bengkel kerja seni, 45 kios bagi PKL pandai besi, serta tugu yang menyerupai perahu sebagai tempat nongkrong.

Alun-alun ini pun terbilang mudah untuk dijangkau, terlebih letaknya berada di tengah los pedagang onderdil kendaraan bekas yang dikenal sebagai Pasar Jatayu.

Alun-alun Cicendo juga hanya berjarak sekitar 400 meter dari Stasun kereta api Ciroyom atau 1,4 kilometer dari Bandara Husein Sastranegara.

"Alun-alun ini dibangun termasuk untuk penataan PKL. PKL di sini tidak diusir tapi dipindahkan ke yang lebih baik. Nah mudah-mudahan ini menjadi keunggulan Kota Bandung dan juga wisatawan yang selalu datang setiap tahun ke Bandung," kata Emil.

Menurut Emil, peresmian alun-alun ini tergolong istimewa, terlebih bertepatan saat menjelang pergantian tahun baru. Ia pun berpesan agar masyarakat dapat memanfaatkannya dengan kegiatan positif dan riuh dengan aktivitas.

"Kota Bandung selalu menghadirkan sesuatu yang baru bagi warganya. Tahun ini saya berikan hadiah untuk warga Cicendo alun-alun tercantik. Saya titip jaga kebersihan jangan dianggurin," katanya. 

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017