antarajabar - Menjelang Natal dan Tahun Baru 2018, Satgas Pangan Polres Cirebon, Jawa Barat memantau sentra ekonomi untuk menjaga dan mengendalikan harga kebutuhan pokok masyarakat.

"Kegiatan Satgas Pangan kami melakukan pengecekan di pasar dan sentra ekonomi nanti dievaluasi dari temuan itu," kata Kapolres Cirebon AKBP Risto Samodra, di Cirebon, Rabu.

Seperti pengalaman sebelumnya, pihaknya akan melakukan pengecekan terutama bahan makanan yang tidak sesuai standard dan juga membahayakan untuk dikonsumsi masyarakat.

Tahun lalu, Satgas Pangan menemukan peredaran makanan kedaluwarsa di Cirebon dan juga marak makanan yang tidak memiliki izin edar.

"Temuan dari tahun lalu seperti adanya makanan kedaluwarsa dan juga ada makanan yang tidak punya izin edar," ujarnya pula.

Karena itu, kata Risto lagi, pihaknya akan semakin gencar terjun ke lapangan selain mengecek harga sembako, juga mengecek adanya kecurangan-kecurangan dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Risto berharap, pada tahun ini tidak lagi ditemukan makanan yang kedaluwarsa dan yang tidak seharusnya diedarkan, namun jika ada temuan itu, maka akan ditindak sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

"Mudah-mudahan tahun ini tidak kami temukan, tapi kalau ditemukan, maka Satgas Pangan sesuai dengan tupoksi masing-masing akan bekerja memberikan sanksi sesuai dengan kewenangannya," ujarnya pula.

"Yang di ranah pidana akan kami tindak dan jika pelanggaran administrasi akan diserahkan ke instansi terkait," katanya lagi.

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017