Antarajabar.com - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, mengusulkan kepada komisi pemilihan umum (KPU) Kota Bandung agar tempat pemungutan suara (TPS) dibuat bertema dan seunik mungkin.

"Nanti TPS bisa dibikin unik-unik, seperti bertema, seperti tema Sunda, Piala Dunia, kemerdekaan, dan lain-lain," ujar Ridwan Kamil saat menghadiri pelantikan Panwascam Kota Bandung, di Hotel Horison, Selasa.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, alasan pengusulan itu agar partisipasi masyarakat untuk menyalurkan hak politiknya meningkat.

Selain itu, hal ini juga semata-mata untuk menciptakan suasana pesta demokrasi sebenarnya yang penuh dengan kegembiraan.

"Pemilu harus bergembira, harus menyenangkan. Kalau itu terjadi orang Bandung terbiasa cerdas dalam memilih, kreatif dalam menyelenggarakan Pemilu," katanya.

Dalam pelantikan tersebut, ia juga berpesan kepada Panwascam untuk kreatif dalam sosialisasi penyelenggaraan Pemilu, terutama penggunaan media sosial.

"Orang Bandung pegang Hp tiga jam sehari. Sekarang semuanya serba online, kebencian online, ada pasarnya. Panwaslu harus siap perubahan zaman, dari tradisional ke modern digital. Itu lah dinamika yang akan terjadi dalam kondisi Pilkada," katanya.

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017