Antarajabar.com - Perusahaan manufaktur dan retail peralatan petualangan alam terbuka yakni Eiger mengadakan ekspedisi ke 28 gunung di Indonesia untuk memaknai Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2017, ekspedisi ini diharapkan selesai secara serentak tepat tanggal 28 Oktober.

"Lalu akan ada upacara bendera secara serentak pada tanggal 28 Oktober 2017 di 28 kawasan gunung di Indonesia," kata Ketua Tim Ekspedisi 28 Gunung Galih Donikara, di Kota Bandung, Sabtu.

Memaknai Sumpah Pemuda tahun ini tentu memiliki nilai yang sangat besar untuk seluruh warga Indonesia dan kondisi poIitik akhir-akhir ini membuat renggang perasaan kebangsaan di antara sesama warga Indonesia.

Sebagai brand adventure terbesar di Indonesia, Eiger mencoba memaknai Sumpah Pemuda dengan cara yang berbeda namun memiliki perasan yang sangat kuat menumbuhkan kecintaan kepada tanah air Indonesia, sekaligus mempererat hubungan antar pemuda di seIuruh kawasan Indonesia.

Cara yang dipilih unik, tapi tentunya penuh simbol yang memaknai Sumpah Pemuda.

Sehingga Eiger menyeIenggarakan sebuah Ekspedisi 28 Gunung menjelajah kemegahan 28 kawasan gunung di Indonesia yang dilakukan oIeh 28 tim dari ujung Sumatera hingga Papua.

Galih mengatakan pemilihan ke 28 gunung ini sendiri memiliki alasan khusus karena mewakili keanekaragaman hayati medan tropis Indonesia, muIai dari wiIayah barat, tengah, dan timur yang masing-masing berbeda karakteristiknya.

"Hal ini penting buat catatan buku hasil akhir kegiatan ini yang akan dIbagikan kepada masyarakat penggiat aIam bebas, khususnya para pendaki gunung," kata dia.

"Tim yang berangkat diharapkan sudah mencapai kawasan gunung yang dituju tepat tanggal 28 Oktober untuk mengadakan upacara bendera sekaligus pembacaan naskah Sumpah Pemuda," lanjut Galih Donikara.

Menurut dia dukungan penuh juga dilakukan oleh tim pusat Eiger di Bandung dan di bawah komando Eiger Adventure Service Team (EAST), tanggal 28 Oktober tepat pukul 10.00 WIB dilakukan live report upacara bendera dan pembacaan naskah Sumpah Pemuda.

"Untuk beberapa gunung yang memungkinkan sinyal 4G, kami meminta live video suasana upacara. Sementara untuk beberapa gunung akan diadakan sambungan telepon via telepon satelit," kata dia.

Ke-28 gunung tersebut adaIah Sumatera: Gunung Kemiri -Aceh, Gunung Sibuatan Sumut, Gunung TaIang Sumbar, Gunung Kerinci, Jambi, Gunung Masurai Jambi, Gunung Dempo Sumsel, Gunung Patah Bengkulu, dan Gunung Pesagi Lampung.

Di Pulau Jawa: Gunung Pqusari Banten, Gunung Ciremai Jabar, Gunung SIamet Iateng, Gunung Semeru -Iatim, Gunung Merapi DIY.

Di Pulai Kalimantan: Gunung Palung Kalbar, Gunung HaIau HaIau KaIsel, dan Gunung Beriun Kaltim.

Di Pulau Sulawesi: Gunung KIabat Sulut, Gunung Tambusisi SuIteng, Gunung Rare Katimbu Sulteng, Gunung Gandang Dewata SuIbar, Gunung Mekongga Sum, dan Gunung Latimojong Sulsel.

Di Kepulauan Sunda Kecil: Gunung Rinjani NT 8, Gunung Tambora -NTB, Gunung Koya Koya NTT, Gunung Kelimutu NTT, dan Gunung Binaiya -MaIuku. Di Papua: Gunung Carstensz.


Acara yang dipusatkan di Eiger Adventure Flagship Store Bandung Jalan Sumatera 23, sendiri mempunyai segudang kegiatan yang juga tidak kalah menarik dalam memperingati Sumpah Pemuda dan tentunya keberhasilan tim Eiger melakukan ekspedisi pendakian 28 gunung di Indonesia.

Acara ini sendiri juga menjadi catatan khusus untuk Eiger. Ekspedisi pendakian 28 gunung ini resmi dicatat di Museum Rekor Indonesia (MURI), dengan pencapaian.
"Pembacaan Teks Sumpah Pemuda secara Serentak di Kawasan Gunung Indonesia Terbanyak," kata Jaya Suprana CEO dan Penggagas MURI.

Pewarta:

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017