Antarajabar.com - Taman Air Goa Sunyaragi Kota Cirebon, Jawa Barat, menggelar bebagai kegiatan  gelar budaya nusantara seiring Festival Keraton Nusantara (FKN)  XI,  15-19 September.

"Gelar budaya Nusantara ini akan diisi dengan penampilan tradisional maupun kontemporer," kata Sultan Keraton Kasepuhan, Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat di Cirebon, Selasa.

Tempat yang akan digunakan penyelenggaraan berbagai event dalam rangka menyambut FKN yaitu Di Taman Air Goa Sunyaragi mulai dari tanggal 5 sampai 20 September 2017.

Sultan mengatakan pagelaran yang akan ditampilkan di antaranya yaitu, Pagelaran Kupu Tarung, Angklung Bungko, Tari Palagan Nyimas Gandasari, Tari Pandet, Tari Topeng Kelana, Jaipong dan Pencak Silat.

"Selain itu juga akan disuguhkan Tari Kontemporer, Street Dance Perkusi, DJ Vin Tarling serta Pop Sunda dan lainnya," tutur Sultan.

Pada Gelar Budaya Nusantara ini juga akan diisi dengan kegiatan workshop membatik, pameran fotografi dan workshop pembuatan topeng.

Sultan menambahkan semua rangkaian gelar budaya menyambut FKN adalah swadaya dari masyarakat Cirebon yang dibantu oleh beberapa sponsorship.

"Untuk pelaksanaannya adalah para Volunteer Kasepuhan Kreatif (VKK) yang terdiri dari Mahasiswa, Dosen dan masyarakat peduli budaya," kata Sultan menegaskan.

Pewarta: Khairul Izan

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017