Antarajabar.com - Balai Pemasyarakatan Garut, Jawa Barat, menggelar pelatihan keterampilan desain grafis bagi 25 narapidana dewasa se-Priangan Timur di Kabupaten Garut agar mereka memiliki kemampuan untuk bekerja dan mandiri ketika kembali ke masyarakat.
        
"Peserta yang diikutsertakan sebanyak 25 klien (narapidana). Tujuan kegiatan ini untuk membentuk klien kami supaya mandiri dan berguna di masyarakat," kata Kepala Bapas Garut Lilis Yuaningsih usai pembukaan kegiatan Bimbingan Kemandirian Klien Dewasa Berupa Pelatihan Desain Grafis di Aula Bapas Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu.
        
Ia menuturkan, program pelatihan desain grafis merupakan inisiatif Bapas Garut bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Komputer Manajemen Aktual (LPKMA) Sumedang dalam memberikan pembinaan keterampilan kepada narapidana.
        
Para peserta pelatihan itu, kata dia, merupakan narapidana pilihan dari Lembaga Pemasyarakatan di wilayah Priangan Timur yakni Kabupaten/KOta Garut, Tasikmalaya, Ciamis dan Banjar.
        
"Mereka mengikuti pelatihan desain grafis ini selama satu hari, meskipun hanya satu hari tapi mereka akan bisa belajar sendiri," katanya.
        
Ia mengungkapkan, ide menggelar pelatihan desain grafis bagi narapidana tersebut berawal dari menjalankannya salah satu tugas Bapas Garut dalam membina narapidana agar memiliki keterampilan untuk bisa hidup mandiri ketika kembali di masyarakat.
        
Menurut dia, pelatihan tersebut tidak membutuhkan anggaran besar, serta peralatannya juga mudah didapat dengan hasil efektif yang bermanfaat bagi narapidana.
        
"Harapan saya kelak mereka ini bisa hidup mandiri, bisa hidup bermasyarakat dengan memiliki mata pencaharian tetap," katanya.
        
Peserta pelatihan desain grafis asal Kabupaten Tasikmalaya, Farhan (32) mengatakan, senang dapat mengikuti kegiatan belajar desain grafis seperti membuat desain gambar pada gelas mug, pin, spanduk dan lainnya.
        
Menurut dia, pelatihan itu akan memberikan manfaat untuk dapat membuka usaha sendiri di bidang desain grafis setelah kembalinya bersama masyarakat.
        
"Bagi kami ini sangat bermanfaat karena belajar beberapa teknis desain grafis, kami harap kegiatan ini tidak hanya satu kali tapi sering," katanya.

    

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017