Antarajabar.com - Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Garut, Jawa Barat, meminta para kepala desa untuk mampu mengembangkan potensi daerahnya seperti sektor pariwisata yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, dan menjadi sumber pendapatan asli desa.
        
"Harus ada kemauan dari kepala desa sendiri untuk mengembangkan daerahnya agar ada yang bisa ditawarkan kepada wisatawan," kata Kepala Bidang Pemerintah Desa pada BPMPD Kabupaten Garut, Asep Mulyana kepada wartawan di Garut, Selasa.
        
Ia menuturkan, berbagai desa di Kabupaten Garut memiliki keunggulan dan potensi daerahnya masing-masing yang dapat dikembangkan untuk kebaikan masyarakat desa.
        
Desa yang mampu mengembangkan daerahnya, kata dia, akan berkontribusi pada Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) selanjutnya akan mendorong perekonomian desa, dan kesejahteraan masyarakat.
        
"Di samping dapat bantuan dari ADD (Anggaran Dana Desa), nanti juga desa itu akan mendapatkan sumber dana lain yang bisa digunakan untuk pembangunan desa, atau untuk membantu guru ngaji," katanya.
        
Ia menyampaikan, dari 424 desa yang ada di Garut, beberapa desa telah mulai mengembangkan potensi daerahnya masing-masing, seperti pada sektor pariwisata.
        
Menurut dia, desa yang telah berkembang baik dalam mengembangkan potensi wisata daerahnya yaitu Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang.
        
"Sementara baru Desa Sukalaksana yang kami lihat secara signifikan mengembangkan desa wisata," katanya.
        
Ia menjelaskan, Desa Sukalaksana telah berhasil mengemas produk wisata seperti menawarkan keindahan dan pemandangan alam, kegiatan masyarakat desa termasuk ada paket Kaulinan Barudak atau permainan tradisional anak-anak.
        
Menurut dia, pemerintah desa itu telah berhasil mengelola potensi daerahnya dengan baik sehingga berhasil menarik wisatawan domestik maupun asing.
        
"Daerah lain belum sempat menjaring secara luas, untuk itu kita akan terus berupaya mengembangkan potensi desa," katanya.
    

Pewarta: Feri P

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017