Antarajabar.com - Pengembangan pariwisata di Kota Cirebon, Jawa Barat, masih butuh anggaran banyak, dikarenakan setiap tahun bidang pariwisata hanya mendapatkan anggaran sebesar Rp500 juta dan itu dirasa kurang cukup.
       
"Untuk pengembangan pariwisata di Kota Cirebon masih belum maksimal, karena anggaran Rp500 juta itu kurang," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Kota Cirebon, Edy Tohidi di Cirebon, Rabu.
       
Dengan minimnya anggaran itu, menjadikan pihaknya sulit untuk mengembangkan destinasi wisata baru, seperti wisata alam dan buatan.
       
Sehingga sampai saat ini wisata yang dijadikan andalan itu wisata kuliner, sejarah dan budaya, karena untuk pengembangan wisata alam kurang anggarannya.
       
"Ya kalau untuk mengembangkan wisata alam jadi kami tidak bisa, apalagi wisata buatan," tuturnya.
       
Edi menambahkan selain anggaran yang menjadi kendala, lahan pun salah satu penyebab tidak berkembangnya wisata di Kota Cirebon.
       
Kalau ingin membangun wisata di pantai Kesenden, tanahnya sudah dimiliki perorangan, jadi Pemkot tidak mempunyai wilayah atau lahan yang strategis untuk mengembangkan destinasi wisata.
       
Sementara itu Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Cirebon Wahyu, mengatakan Cirebon mempunyai potensi wisata yang banyak, baik budaya, sejarah dan kuliner serta lainnya.
       
"Banyak destinasi wisata yang perlu digali di Kota Cirebon," katanya.
    

Pewarta: khaerul Izan

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017