Antarajabar.com - Bank Indonesia Cabang Jawa Barat mendirikan "BI Corner" di Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bandung Jalan Caringin Kota Bandung, Rabu.

"BI Corner dalam rangka literasi terkait fungsi dan peran BI, sekaligus juga merupakan sosialisasi dari berbagai program BI," kata Pimpinan BI Cabang Jawa Barat Rosmaya Hadi di Bandung, Rabu.

Peresmian BI Coprner itu juga dihadiri oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil serta sejumlah penggerak gerakan membaca di Kota Bandung.
 
Menurut Rosmaya, kegiatan pendirian BI Corner itu merupakan bagian dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI)

"PSBI merupakan wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial Bank Indonesia kepada masyarakat sekaligus untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pelaksanaan tugas dan pencapaian tujuan Bank Indonesia," kata Rosmaya.

Rosmaya menyebutkan Bank Indonesia berupaya maksimal untuk mengimplementasikan program unggulan yang terdiri dari Program Indonesia Cerdas dan Pemberdayaan Perempuan.

Sementara itu Wali kota Bandung, Ridwan Kamil program BI Corner selaras dengan program Kota Bandung dalam Gerakan Maca Sauyunan (Gemas) yang merupakan program andalan kota itu.

"Program ini sudah di terapkan di seluruh sekolah kota Bandung mulai dari sebulan yang lalu di wajibkan kepada anak-anak di sekolah membaca 15 menit buku nonkurikulum dan dibimbing oleh kepala sekolah sebelum kegiatan belajar mengajar," kata Emil

Ia menyebutkan, Pemkot Bandung akan menguatkan perpustakaan dengan konsep desentralisasi yang mana ada di taman bacaan,    akan dibangun di setiap kelurahan dan kampung-kampung padat difasilitasi dengan gerobak baca dengan tujuan  agar daya literasi generasi muda akan lebih tinggi.

"Kami akan terus menjalin kerja sama dengan pihak ketiga, termasuk dengan  BI Jabar. Pola BI Corner sangat mendukung karena selain menyediakan buku konvensional juga koneksi internet," kata Emil menambahkan.

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016