Antarajabar.com - Bendera merah putih sepanjang 1.200 meter dan lebar 120 sentimeter diarak ratusan warga dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu.

Bendera Indonesia sepanjang itu sengaja dibuat oleh warga Desa Sukarame, Kecamatan Leles, yang merupakan kawasan sentra industri pembuatan bendera merah putih.

Bendera tersebut dibawa sambil dibentangkan oleh banyak warga dari kantor Desa Sukarame menuju kota kecamatan Alun-alun Leles sejauh tiga kilometer.

Aksi warga membawa bendera panjang itu mampu mengundang daya tarik banyak warga yang menonton sepanjang pingiran jalan.

Kepala Desa Sukarame, Asep Bahir, mengatakan warganya sengaja membuat bendera merah putih untuk memeriahkan hari Kemerdekaan Indonesia di tingkat Kecamatan Leles.

Ia menyampaikan kreasi warganya itu merupakan bentuk kecintaan terhadap Bangsa Indonesia dengan menampilkan aksi yang beda dari kegiatan memeriahkan kemerdekaan di daerah lain.

"Ini sebagai bentuk kecintaan warga kami terhadap negara, apalagi daerah kami ini dikenal sebagai sentra pembuatan bendera merah putih," katanya.

Ia menyampaikan warganya baru pertama kali membuat bendera merah putih sepanjang itu dalam kegiatan memeriahkan Kemerdekaan Indonesia.

Proses pembuatannya, kata dia, berlangsung satu bulan yang dibuat oleh warga satu kampung dengan biaya pembuatan sebesar Rp12 juta.

"Biayanya mencapai Rp12 juta, sumber dananya swadaya warga desa Sukarame yang ingin hari kemerdekaan tahun ini meriah, saking panjangnya bendera dibawa oleh 700 orang lebih," katanya.*

Pewarta: Feri P

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016