Antarajabar.com - Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Pusat Raja Parlindungan Pare menyatakan Porwanas menjadi bagian dari ajang memperkuat persatuan dan persatuan bangsa.

"Porwanas merupakan ajang silaturahim wartawan nasional untuk persatuan dan kesatuan. Kita bersilaturahim dan berkomitmen untuk menjadi bagian dalam pengembangan olahraga dan pemberdayaan ekonomi masyarakat," katanya di Media Center Porwanas XII/2016 Jabar di Isola Resort Kota Bandung, Senin.

Bukan hanya untuk para wartawan namun juga berdampak terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat.

"Sebanyak 2.000 atlet wartawan hadir di Bandung, selain itu sekitar 3000 supporter juga hadir di Bandung darui seluruh Indonesia. Artinya ada 5.000 yang hadir dan itu jelas akan mendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya di Jawa Barat," katanya.

Kehadiran duta wartawan dari 33 provinsi di Indonesia jelas memberikan dampak ekonomi yang signifikan, khususnya bagi Jawa Barat sebagai tuan rumah baik dari penyewaan hotel, sektor jasa, wisata belanja maupun sektor wisata lainnya.

"Bila satu orang anggota kontingen belanja Rp3 juta saja, maka Porwanas berkontribusi bagi Jawa Barat senilai Rp9 miliar. Dan itu merupakan salah satu bagian dari pemberdayaan ekonomi bagi Jabar," katanya.

Selain itu, dengan diperlombakannya karya jurnalistik yang melombakan tiga nomor yakni jurnalistik tulis, reportase radio dan jurnalistik foto juga memberi dampak yang besar bagi Jabar.

"Nomor itu baru diperlombakan di Porwanas, dan potensi dan kegiatan di Jabar disebarluaskan oleh peserta atau pewarta peserta ke seluruh peloksok tanah air melalui media masing-masing," kata Ketua SIWO PWI Pusat itu menambahkan.
    

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016