Antarajabar.com - Di zaman digital seperti sekarang ini hampir sebagian dari kita mempunyai ponsel dengan jangkauan yang semakin luas serta kemampuannya yang semakin canggih. Namun tidak sedikit pula yang mempunyai alat komunikasi Handy Talkie (HT) berbasis radio frekuensi walau  alat tersebut dianggap sudah ketinggalan zaman. 

Memangnya apa saja kelebihan HT sehingga tidak sedikit orang yang memilikinya? 

Handy talkie adalah alat telekomunikasi dua arah yang serba guna, handy talkie ini menggunakan teknologi PTT atau Push To Talk, dimana pengguna handy talky mesti menekan tombol untuk berkomunikasi dengan lainnya.

Pekerjaan

Di dalam pekerjaan alat ini sangat berguna sekali walaupun sekilas terlihat sederhana. 
Pekerjaan yang menggunakan alat ini yaitu polisi lalu lintas, security, pekerja tambang, dan event organizer. Dengan adanya alat ini, pengguna bebas melakukan percakapan.

Keselamatan

Di dalam kondisi darurat seperti bencana alam, search and rescue di gunung dan kondisi darurat lainnya alat ini berperan sangat penting. Misalnya ketika sedang terjadi bencana alam, di mana jalur komunikasi public seperti telepon dan seluler terputus untuk beberapa waktu, meskipun sedang drama kondisi seperti demikian, HT masih bisa berfungsi dengan baik. 

Di Amerika, sistem komunikasi radio masih menjadi alat komunikasi yang utama sewaktu terjadi bencana seperti badai, banjir, tsunami, ataupun gempa bumi.

Praktis

Alasan kuat lainnya mengapa HT masih dipergunakan di dalam banyak pekerjaanya itu karena ada fungsi pada HT yang mana fungsi tersebut tidak bisa tergantikan oleh ponsel, yakni komunikasi One-to-Many atau broadcast voice informative serta komunikasi mandiri tanpa adanya ketergantungan dari pihak lain. Dalam arti, informasi yang disampaikan melalui Handy Talkie ini bisa didengar oleh seluruh pihak yang memantaunya, sehingga bisa mudah melakukan koordinasi Mobile Team secara serentak. 

Event organizer, security, field officer, tim SAR atau bahkan konvoi kendaraan, semuanya memanfaatkan aspek kepraktisan Handy Talkie ini.

Harga HT Murah

Tentu sudah jelas Handy Talkie sangat murah, ingin digunakan hingga kapan pun atau secara terus menerus tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lain. Handy Talkie bersifat tetap. Handy talkie tidak seperti internet ataupun telepon seluler yang mana memerlukan biaya tambahan seperti kuota. Dengan adanya Handy Talkie, pengguna bebas menggunakannya tanpa adanya khawatir terhadap biaya lain tersebut, ditambah harga ht murah. Menjadikan alat ini semakin banyak diminati.

Jangkauan Luas

Jangkauan dari Handy Talkie ini dapat menjangkau jarak hingga 19 kilometer. Apabila Anda ditugaskan untuk mensurvei daerah yang berbeda, maka penyampaian informasinya dapat dilakukan secara langsung tanpa mesti bertemu di meeting point. Sehingga diskusi akan lebih efektif.

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016