Antarajabar.com - Sebanyak 500 pelajar asal Indonesia saat ini sedang menempuh studi jenjang strata satu hingga tiga (S1-S3) di Universiti Utara Malaysia atau UUM.
        
"Data ini fluktuatif, namun dari September 2015 sampai Februari 2016 tercatat ada 500 mahasiswa asal Malaysia yang menempuh studi di UMM," kata Rektor UUM Prof Dato Seri Dr Mohamed Mustafa Ishak, di Bandung, Minggu.
        
Ia mengungkapkan mayoritas mahasiswa Indonesia yang menempuh studi di UUM mengambil jurusan atau program studi manajemen, perbankan, Islamic finance dan akuntansi.
        
"Saat ini lulusan mahasiswa Indonesia yang menempuh studi di UMM sudah bekerja di berbagai bidang, institusi keuangan yang ada di sejumlah negara," kata dia.
        
Dari 500 mahasiswa asal Indonesia yang menempuh studi di UUM, lanjut Mohamed, sebanyak 198 orang tercatat sebagai mahasiswa S1 dan sisanya tercatat sebagai mahasiswa S2 dan S3.
        
"Data ini bisa berubah karena sekitar tiga tahun lalu jumlah pelajar Indonesia yang studi di UUM mencapai 700 hingga 800 orang mahasiswa," kata dia.
        
Sejumlah tokoh penting Tanah Air seperti mantan Ketua DPR RI periode 2009-2015 Marzuki Alie pernah menempuh pendidikan di UUM dan perguruan tinggi tersebut juga pernah memberi gelar doktor kehormatan kepada mantan Predisen RI Susilo Bambang Yudhoyono.
        
Oleh karena itu, untuk lebih memperkenalkan program unggulan yang dimiliki oleh UUM kepada pelajar Indonesia, pihaknya akan menggelar acara edutaiment yakni sebuah acara pameran pendidikan dan promosi pendidikan Malaysia yang dipadukan dengan konser musik di Kampus Universitas Pasundan Jalan Setiabudhi Kota Bandung, 14-15 Maret 2016.
        
"Puncaknya adalah tanggal 15 Maret karena selain ada acara pameran pendidikan juga akan dilakukan peluncuran buku 'Politik Bangsa Malaysia' dan konser musik yang menampilkan artis dari Malaysia yakni Zamani Slam, Tomok dan band asal Indoensia, Java Jive," kata dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016