Antarajabar.com - Sebuah patung tokoh pewayangan Arjuna Memanah yang identik sebagai simbol Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, di daerah Situ Wanayasa, Kamis, terbakar, patung yang terbuat dari bahan fiber itu disinyalir telah dibakar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab sekitar pukul 04:00.
    
"Petugas kami Aiptu Suhada dan Bripka Sarpudin mendapati patung telah terpapar api dan segera memadamkannya," kata Kapolres Purwakarta AKBP Trunoyudo Wisnu ketika dihubungi melalui telepon, Kamis.
    
Menurut dia, saat ini kasus pembakaran tersebut masih didalami oleh pihak Polres Purwakarta karena pengrusakan fasilitas bisa dimasukkan sebagai tindakan pidana.
     
Berdasarkan keterangan dari pihak Polres Purwakarta, pelaku disinyalir melakukan aksinya saat jalanan dalam kondisi sepi warga dan pengendara. "Kami masih Mendalami kronologinya," ujar dia.

Peristiwa ini sungguh mengejutkan, karena Purwakarta yang saat ini terkenal dengan berbagai ornamen patung hias dan budaya di arsitektur kotanya justru baru saja mendapatkan apresiasi budaya dari berbagai pihak.

Salah satunya penghargaan Anugerah Budaya dari Persatuan Wartawan Indonesia yang baru saja diberikan pada Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi pada Selasa (9/2) lalu.

Anugerah Budaya sebagai kepala daerah yang pro budaya ini diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo kepada Dedi Mulyadi karena mampu melestarikan kebudayaan dengan keteladanan yang partisipatoris.

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016