Antarajabar.com - Saung Angklung Udjo bekerjasama dengan pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat mengadakan festival angklung se-Jabar yang diikuti oleh 44 peserta dari 27 kabpaten dan kota yang ada dan diadakan mulai tanggal 16/11 sampai 10/12.
        
"Kami bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jabar serta Kemendikbud mengadakan festival Pasanggiring Angklung Jawa Barat yang diikuti oleh 44 peserta," Kata Menejer Program Yayasan Saung Angklung Udjo yang sekaligus ketua panitia Dudi Darma Bakti di Cirebon, Kamis.
        
Festival 'Pasanggiring Angklung Jabar' ini adalah yang ke-tiga kalinya diselenggarakan dan kali ini antusias para peserta meningkat drastis dimana ditahun ke-tiga ini ada 44 Peserta dari 27 kabupaten dan kota yang ada di Jabar.
        
"Sudah yang ke-tiga festival ini digelar dan sekarang antusias para peserta meningkat dimana awal pertama kali diadakan pada tahun 2013 dengan 8 peserta, tahun berikutnya 2014 ada 12 dan tahun sekarang ini 44 peserta," ujarnya.
        
Festival tersebut sudah dimulai dari tanggal 16-17 November di Bandung dan itu merupakan kualifikasi, dimana kualifikasinya diselenggarakan di lima wilayah yang ada di Jabar dan kali ini Wilayah 3 Cirebon yang mengadakan kualifikasi.
        
"Ada lima wilayah yang menggelar babak kualifikasi dimana setelah ke lima wilayah itu semua ada yang mewakili maka akan diselengarakan final di Subang pada tangal 9-10 bulan Desember," tutur Dudi.
         
Festifal Pasanggiring merupakan implementasi dari pesan UNESCO pada tahun 2010 tentang angklung sebagai  warisan budaya tak benda dunia yang harus dilestarikan bangsa dan Negara RI melalui regenerasi secara berkesinambungan.
        
"Kami mengadakan festifal ini dalam rangka regenerasi dan ini merupakan amanah dari UNESCO," tambahnya.
         
Ia juga mempunyai tujuan dan harapan fetival 'Pasanggiri Angklung', bisa menjadi sekala Nasional dan itu sedang diupayakan oleh pihak terkait.

Pewarta: khaerul

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015