Penjabat Bupati Garut, Jawa Barat, Barnas Adjidin menyatakan potensi pemuda di Kabupaten Garut harus terus dikembangkan dari berbagai sektor, khususnya ilmu pengetahuan agar menjadi generasi bangsa yang nantinya memiliki peran untuk membangun daerah.

"Potensi-potensi kepemudaan harus dikembangkan, ditingkatkan lalu pemuda harus diajak untuk bekerja bersama-sama dengan pemerintah agar gerakan-gerakan yang dilakukan ini lebih semangat lagi dengan jiwa kepemudaan," kata Barnas saat peringatan Hari Sumpah Pemuda di Alun-alun Garut, Jawa Barat, Senin.

Ia menuturkan, memperingati Hari Sumpah Pemuda merupakan bentuk penghargaan kepada tokoh-tokoh pemuda dahulu yang sudah berjuang melalui gerakan pemuda agar Indonesia bisa merdeka.

Upaya meneruskan perjuangan pemuda di masa kini, kata dia, pemuda harus dibekali ilmu pengetahuan dan sehat agar bisa menjadi generasi bangsa yang unggul untuk melanjutkan kepemimpinan bangsa di masa yang akan datang.

"Kita harus bangga dengan pemuda-pemuda Indonesia. Oleh karena itu, pemuda-pemuda itu harus dibekali ilmu pengetahuan dan juga kesehatan yang bisa mendukung agar nanti menjadi pemimpin-pemimpin yang bisa diharapkan oleh bangsa dan negara ini," katanya.

Ia berharap pemuda di Kabupaten Garut dapat meningkatkan kecerdasan, apalagi saat ini menghadapi era digitalisasi, untuk itu harus menguasai ilmunya, dan diperkuat dengan akhlak yang baik.

"Saya mengharapkan pemuda Garut itu harus cerdas, karena kita tahu bahwa sekarang ini kita dihadapkan era digitalisasi, oleh karena itu kuasai ilmu, lalu kemudian tekad yang kuat, juga akhlak yang baik," katanya.
Ia menyampaikan pemerintah daerah akan terus berkomitmen dalam membangun Garut yang lebih baik, termasuk menyiapkan pemuda sebagai tunas bangsa yang nanti akan menjadi estafet kepemimpinan.

Upaya mewujudkan pemuda yang berkualitas itu, kata dia, tentunya harus membangun karakter yang baik, berakhlak, berpendidikan, memiliki kemampuan mandiri, dan siap menjadi pemimpin di masa yang akan datang.

"Jadi, kita harus membangunnya mulai dari karakter, karakter yang berpendidikan, karakter yang maju, juga karakter yang bisa mencirikan menjadi pemimpin masa depan," katanya.


 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024