Roberto Mancini telah meninggalkan posisi pelatih tim nasional Arab Saudi setelah 14 bulan menangani negara Timur Tengah tersebut.

Pria Italia berusia 59 tahun itu ditunjuk sebagai pelatih Arab Saudi dalam kontrak empat tahun pada Agustus 2023 setelah mundur sebagai pelatih Italia.

Pernyataan Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) pada Kamis memastikan kedua belah pihak sepakat mengakhiri kesepakatan itu.

SAFF menyatakan akan mengumumkan pelatih baru dalam beberapa hari mendatang setelah menuntaskan prosedur kontrak.
 


Arab Saudi hanya menang satu kali dari lima pertandingan terakhirnya, termasuk imbang 1-1 melawan Indonesia pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia September silam.

Mereka menempati peringkat ketiga Grup C putaran kualifikasi Piala Dunia 2026.

Saudi akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Public Investment Fund (PIF) milik negara itu juga berinvestasi besar-besaran dalam sepak bola.


PIF mendanai proses pengambil alihan klub Newcastle United pada 2021, dan berinvestasi di beberapa klub Saudi seperti Al Nassr, Al Hilal, dan Al Ittihad.

Dampak instan dari kucuran dana itu adalah kedatangan pemain-pemain papan atas seperti Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, Neymar, Sadio Mane, dan Roberto Firmino ke Saudi.

Mancini telah beberapa kali menyuarakan keresahannya mengenai strategi transfer Liga Arab Saudi terhadap para pemain lokal.

"Saya sudah bilang beberapa kali. Inilah satu-satunya masalah yang kami hadapi, karena tiga tahun silam semua pemain Arab Saudi bermain di setiap pertandingan (liga). Hari ini? 50, 60 persen tidak tampil pada pertandingan (Liga Saudi)," tutur Mancini.
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Roberto Mancini tinggalkan posisi pelatih Arab Saudi

Pewarta: A Rauf Andar Adipati

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024