Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandung bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung mengawasi ketat terhadap proses produksi surat suara untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 di daerah itu.

Kapolresta Bandung Kombes Pol. Kusworo Wibowo menyampaikan bahwa pengawasan ini merupakan langkah penting dalam menjamin kelancaran tahapan Pilkada.

"KPU, Bawaslu serta kepolisian melakukan pengawasan ketat terhadap proses pencetakan surat suara. Proses ini mencakup pencetakan, penghitungan jumlah, serta kualitas surat suara yang diproduksi," kata Kusworo di Bandung, Kamis.

Kusworo menekankan pentingnya menjaga keamanan surat suara untuk menghindari potensi pemalsuan. Setiap surat suara dilengkapi dengan fitur keamanan, seperti watermark atau tanda khusus lainnya.

"Setelah surat suara selesai diproduksi, mereka akan didistribusikan ke berbagai wilayah sesuai dengan kebutuhan pilkada," kata dia.

Ia mengungkapkan untuk proses distribusi ini juga diawasi secara ketat untuk memastikan surat suara tiba tepat waktu dan dalam kondisi yang baik.

Kusworo juga menambahkan bahwa pemantauan ini dilakukan untuk memastikan surat suara yang diproduksi sudah sesuai dengan pesanan KPU Kabupaten Bandung.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga ingin memastikan jadwal pengiriman surat suara sesuai dengan tahapan pilkada untuk menghindari keterlambatan pengiriman ke gudang logistik KPU Kabupaten Bandung.

“Dengan adanya pengawasan ini, kami berharap seluruh proses Pilkada serentak 2024 dapat berjalan lancar tanpa kendala, mulai dari pencetakan hingga distribusi surat suara,” kata Kusworo.

 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024