Antarajawabarat.com, 13/6 - Tol Cikopo-Palimanan mulai beroperasi malam ini atau 14 Juni mulai pukul 00.00 WIB.

Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya Hudaya Arryanto dalam konferensi pers usai peresmian Tol Cipali oleh Presiden Joko Widodo di Purwakarta, Sabtu mengatakan pengoperasian malam nanti masih dalam rangka uji coba dan tidak dikenakan tarif.

"Kami akan mengadakan sosialisasi terlebih dahulu selama tujuh hari dan bisa dimulai nanti malam pukul 00.00 WIB," katanya.

Namun, dia mengatakan sosialisasi tersebut hanya diperbolehkan untuk kendaraan Golongan I, yakni untuk sedan dan minibus.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Achmad Gani Ghazaly Akman mengatakan dikhususkan untuk kendaraan Golongan I terlebih dahulu untuk mencegah hambatan jika terjadi mogok dan lainnya.

"Dikhawatirkan kalau untuk Golongan II ke atas jika terjadi pecah ban dan mogok, nanti lalu lintas akan terhambat karena kita perkirakan nanti malam akan banyak kendaraan karena masih gratis," katanya.

Dia menambahkan, jalan tol yang dioperasikan baru dua lajur dan personel di lapangan baru dilatih dan belum cukup berpengalaman.

"Kita juga harus mempertimbangkan kecepatan untuk derek ketika terjadi mogok, harus cepat responnya," katanya.

Pekerjaan konstruksi Tol Cipali dimulai sejak Februari 2013 dan lebih cepat dari rencana awal yang ditargetkan selesai pada Agustus 2015.

PT LMS juga menyediakan ruang atau gerai untuk para usaha kecil menengah (UKM) membuka usahanya di tempat peristirahatan atau rest area sepanjang Cikopo-Palimanan.

Jalan tol Cikopo-Palimanan yang terdiri atas enam sekai akan mempunyai delapan tempat peristirahatan, tujuh pintu masuk dan tujuh simpang susun serta 99 jembatan.

Jalan tol sepanjang 116,75 kilometer ini merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia dan merupakan bagian dari sistem jalan tol Trans Jawa.

Jalan Tol Cikopo-Palimanan melintasi lima kabupaten di Jawa Barat yaitu Kabupaten Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka, dan Cirebon.

Jalan tol baru itu diyakini akan sangat membantu memperlancar arus mudik Lebaran tahun ini, karena kapasitas jalan pantura meningkat dua kali lipat.

Jalan Tol Cikopo Palimanan merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa dan akan menghubungkan Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Palimanan-Kanci.

Jalan Tol Cikopo-Palimanan mengurangi jarak tempuh jalur pantura sepanjang sekitar 40 kilometer dan mengurangi waktu tempuh selama sekitar dua jam.

Hal ini diharapkan dapat menyelesaikan sebagian besar permasalahan prasarana jaringanjalan khususnya di wilayah Pantura Jawa Barat dan juga mendukung mobilitas di wilayah barat Pulau Jawa dan mendukung perkembangan potensi ekonomi Jawa Barat.

antara

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015