Ajang pameran otomotif bertajuk “Kustomlang” 2024 yang memadukan mobil dan motor klasik serta kustom digelar di Kota Cirebon, Jawa Barat, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.
 
“Acara ini menjadi ajang ekspresi bagi para pecinta otomotif sekaligus momentum kolaborasi kreatif di kalangan anak muda,” kata Ketua Pelaksana Kustomlang 2024 Raisja Dermawan, di Cirebon, Sabtu.

Baca juga: Realisasi investasi di Kota Cirebon mencapai Rp1 triliun hingga Juli 2024
 
Ia menjelaskan bahwa acara tahun ini mengusung tema Dare to Hug, yang berarti keberanian untuk menyatukan berbagai elemen dalam satu wadah.
 
"Kami ingin memeluk circle baru, semuanya harus digabungkan jadi satu. Kegiatannya bertepatan dengan 17 Agustus 2024," ujarnya.
 
Dia menambahkan dukungan dari pemerintah, khususnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon, turut memperkuat acara ini. Sehingga berbagai komunitas otomotif yang ada di Cirebon dan sekitarnya bisa ikut terlibat.
 
Pameran ini, kata dia, menjadi hadiah bagi masyarakat terutama sebagai upaya mengajak generasi muda di Kota Cirebon untuk mengekspresikan kreativitas mereka dalam dunia otomotif.
 
"Menurut saya pribadi, Cirebon belum ada ajang yang menggabungkan motor, mobil, pameran, bahkan musik keras sekaligus," katanya lagi.
 
Dia menyampaikan kegiatan ini merupakan tahun ketiga Kustomlang diadakan di Cirebon, dan setiap tahun acara ini terus diadakan untuk memperkuat gerakan otomotif kustom di kota tersebut
 
Raisja menyebutkan pameran Kustomlang 2024 berhasil menarik 19 peserta untuk kategori mobil, dan 53 peserta untuk kategori motor.
 
"Acara ini melibatkan banyak komunitas, termasuk teman-teman dari Garage. Meskipun banyak kendala, kami harus berani menghadapi semuanya, karena kustom di dunia otomotif harus terus berjalan," ujarnya.

Kepala Disbudpar Kota Cirebon Agus Sukmanjaya turut mengapresiasi acara ini, sebagai bagian dari upaya mempromosikan wisata pada bidang otomotif di Cirebon.
 
Acara ini, kata dia, bukan hanya sekadar pameran otomotif, tetapi juga menjadi daya tarik wisata yang bisa memperkenalkan Cirebon sebagai daerah tujuan wisata dengan destinasi unik dan menarik.
 
Dengan adanya pameran seperti Kustomlang, pihaknya dapat menarik lebih banyak wisatawan, baik dari dalam maupun luar kota, untuk menikmati keunikan Cirebon dari sisi otomotif.
 
"Ini merupakan langkah yang baik dalam mempromosikan Cirebon sebagai kota yang kaya akan kreativitas dan budaya, termasuk dalam bidang otomotif," ujar dia pula.

Baca juga: Pemkot Cirebon menggencarkan program pengawasan UTTP dan BDKT

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024