Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi, Jawa Barat menyalurkan beras program cadangan pangan pemerintah (CPP) kepada 37.708 keluarga penerima manfaat (KPM) di kota tersebut.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi Tita Mariam mengatakan bantuan pangan tahap ketiga ini untuk alokasi Agustus, Oktober, dan Desember 2024.

Baca juga: Pemkot Cimahi salurkan beras murah lewat Sibesti

“Alhamdulillah di minggu ini sudah mulai tersalurkan di beberapa kelurahan yang memang untuk data penerimanya sudah ditentukan dari pusat,” kata Tita di Cimahi, Senin.

Dia menjelaskan, penyaluran bantuan pangan beras tersebut berdasarkan surat Kepala Badan Pangan Nasional Nomor 165/TS.03.03/K/06/2024 tanggal 07 Juni 2024 tentang Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) tahap III Tahun 2024.

Bantuan pangan tahap ketiga ini, kata dia, dibagikan kepada KPM yang sudah diverifikasi dan divalidasi, di mana setiap KPM akan menerima bantuan beras 10 kilogram per bulan.

“Mudah-mudahan ini akan memberi manfaat kepada masyarakat kita dan banyak yang bisa kita lakukan dalam upaya membangun ekonomi Kota Cimahi ini agar lebih baik,” kata dia.

Tita menjelaskan sebelum disalurkan kepada KPM, beras bantuan pangan tersebut telah melewati proses pengecekan kualitas yang ketat oleh PT Pos Indonesia Regional 3 untuk membantu kelancaran dan keamanan dalam proses pendistribusian beras CPP.

“Jadi sebelum kita melakukan penyaluran, kami juga melalukan pengecekan terhadap kadar air di dalam beras yang tidak boleh lebih dari 14 persen. Sehingga jenis berasnya sudah dipastikan dalam kondisi bagus dan layak untuk dikonsumsi,” katanya.


Lebih lanjut, ia mengungkapkan bantuan bahan pangan berupa komoditas beras ini untuk menanggulangi kekurangan pangan akibat gejolak harga beras yang semakin melambung di pasaran.

Dia berharap penyaluran bantuan pangan tahap ketiga ini berjalan lancar serta dapat membantu meringankan beban keluarga penerima manfaat.

“Kami sangat menerima dengan baik program ini karena melalui bantuan pangan banyak masyarakat yang memang masih perlu dibantu terbantu dengan adanya bantuan beras 10 kilogram ini,” kata Tita.

Baca juga: Pemkot Cimahi menggelar GPM jaga ketersediaan bahan pangan

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024