Antarajawabarat.com, 4/4 - Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Garut, Jawa Barat, berencana menggelar kegiatan rutin pertandingan catur di Babancong sebuah bangunan bersejarah di pusat kota untuk menjadi daya tarik wisatawan di Garut.

"Nanti di Babancong saya ingin adakan setiap waktu catur bagi masyarakat sebagai daya tarik wisatawan," kata Bupati Garut Ruddy Gunawan usai pembukaan pertandingan catur tingkat Kabupaten Garut di Garut, Sabtu.

Ia berharap, gagasan itu segera terwujud agar dapat dikenal lebih luas kemudian menarik minat masyarakat untuk bermain catur.

Selain itu, lanjut Ruddy, melalui catur yang digelar secara terbuka itu dapat melahirkan atlet-atlet catur terbaik yang akan mengharumkan nama Garut pada pertandingan tingkat provinsi, nasional maupun internasional.

"Kami harap catur di tempat terbuka dapat jadi tontonan dan bisa menunjukan prestasi," katanya.

Ketua Percasi Kabupaten Garut Zatzat Munajat menyatakan, siap mewujudkan gagasan Bupati Garut itu sesuai harapannya menjadi daya tarik wisatawan dan mengembangkan olah raga catur di Garut.

Ia mengatakan, konsep yang akan dilakukan dalam catur di Babancong yakni dengan menyiapkan tempat bermainnya catur yang nyaman.

Selanjutnya, kata Zatzat, para atlet catur beprestasi di Garut akan dihadirkan untuk bermain sekaligus melatih masyarakat yang tertarik pada catur.

"Jadi nanti tempatnya dipoles lebih bagus, ada atlet catur juga nanti main di Babancong," katanya.

feri

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015