PT Petrokimia Gresik memperkenalkan penggunaan teknologi drone pertanian untuk meningkatkan hasil panen yang lebih tinggi dan lebih efisiensi bagi petani di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Senior Vice President PT Petrokimia Gresik Eko Suroso mengatakan drone ini dilengkapi dengan teknologi canggih yang memungkinkan distribusi pupuk dan pestisida secara merata dan tepat sasaran.

“Jadi targetnya nanti drone ini yang kita harapkan, petani di Kabupaten Bandung sudah terbiasa menggunakan teknologi modern,” kata Eko di Kabupaten Bandung, Selasa.

Eko Suroso mengatakan ke depan pihaknya akan memperbanyak unit drone di Kabupaten Bandung yang nantinya dapat disewakan kepada para petani untuk mewujudkan ekosistem pertanian yang lebih baik.

Dia mengaku bahwa layanan sewa drone bagi petani ini baru dijalankan di Jawa Timur. Namun seiring dengan implementasi yang baik terhadap teknologi tersebut, pihaknya akan memperluas di Jawa Barat.

“Memang unit kita akan kami terus tambah, nanti ke depannya kita akan perluas tidak hanya di Jawa Timur, tapi juga nanti akan di Jawa Barat. Dan Jawa Barat nanti menjadi salah satu prioritas kita untuk penyediaan alat itu disini,” kata dia.

Kata dia, teknologi ini diharapkan dapat melengkapi Program Makmur yang selama ini dijalankan Petrokimia Gresik bersama Pupuk Indonesia, untuk membangun ekosistem pertanian yang lebih baik.


“Sehingga nanti kita mendukung pertahanan pangan ini menjadi lebih baik dengan menyediakan sarana produksi yang memang sudah dijamin kualitasnya,” kata Eko.

Menurutnya, kehadiran teknologi drone akan menyempurnakan peranan mobil uji tanah, yang sebelumnya menjadi andalan Petrokimia Gresik untuk meningkatkan pertanian.


 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024