Ribuan keramik asal Plered, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, kembali menembus pasar internasional dan hingga kini sudah ada 11 kontainer muatan ribuan keramik berbagai jenis yang telah diekspor ke berbagai pasar internasional.

"Permintaan pasar internasional terhadap keramik buatan Plered sangatlah besar. Ini peluang berharga yang harus kita optimalkan," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Purwakarta, Dani Abdurahman, di Purwakarta, Senin.

Ia menyampaikan bahwa pada tahun ini keramik buatan Plered Purwakarta telah diekspor ke Amerika Serikat serta berbagai negara di benua Eropa.

Menurut dia, volume ekspor keramik Plered tahun ini jauh lebih besar dibandingkan tahun 2023 yang hanya mencapai lima kontainer senilai Rp 1,75 miliar, dengan negara tujuan Amerika Serikat, Inggris dan Turki.

"Untuk tahun 2024, nilai ekspornya masih kita hitung. Namun bisa dipastikan nilainya jauh lebih besar dibandingkan tahun 2023, karena volume ekspor tahun ini meningkat tajam dibandingkan tahun lalu," kata Dani.

 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024