Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memberikan bantuan dua perahu pada kelompok nelayan di Kecamatan Mande, sebagai upaya meningkatkan ekonomi dari hasil tangkapan ikan yang melimpah di Waduk Cirata.

Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur Jumat, mengatakan berbagai upaya dilakukan pemerintah daerah untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan ekonomi serta menjaga ketahanan pangan di Cianjur termasuk nelayan yang sehari-hari mencari ikan air tawar.

"Kami berikan bantuan dua unit perahu untuk kelompok nelayan di Desa Cikidangbayabang, Kecamatan Mande, sebagai tambahan operasional mereka mencari ikan sehari-hari, sehingga mendapatkan hasil melimpah untuk dijual ke sejumlah pasar di Cianjur," katanya.

Pihaknya menargetkan program ketahanan pangan dapat tercapai dari berbagai sektor mulai dari pertanian, perikanan dan peternakan serta produk unggulan UMKM, sehingga berbagai bantuan termasuk permodalan diberikan bagi pelaku usaha untuk meningkatkan produksi.

Bahkan di setiap kegiatan Desa Manjur yang digelar setiap pekan sekali dengan menyasar 356 desa di Cianjur, pihaknya meminta kepala desa untuk membantu tercapainya program ketahanan pangan diberbagai sektor mulai dari UMKM, pertanian, perikanan dan peternakan.

"Saat penyerahan Surat Keputusan tambahan masa jabatan bagi kepala desa se Cianjur, saya menekankan untuk memanfaatkan waktu mendatangi warga dan kelompok usaha guna memberikan solusi dari setiap keluhan terutama terkait ketahanan pangan," katanya.

Ketua Kelompok Nelayan Mina Karya Asep Andi, mengatakan sangat terbantu dengan dua perahu yang diberikan Bupati Cianjur yang akan digunakan nelayan untuk mencari ikan di Waduk Cirata, sebagai tambahan operasional kelompok terdiri dari 12 orang itu.

"Sangat terbantu karena selama ini, kami kesulitan menambah perahu karena biaya yang cukup tinggi, harapan kami berbagai bantuan dari pemerintah dapat langsung dirasakan nelayan guna meningkatkan perekonomian," katanya.


 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024