Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan progres pembangunan Pusat Pengujian dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor atau Proving Ground di Bekasi, Jawa Barat, telah mencapai 50 persen.

"Saya sudah meninjau perkembangan proving ground yang akan kita soft launching bulan September. Sekarang posisinya sudah 50 persen, kita harapkan pada saat itu (September) Pak Presiden (Joko Widodo) dapat melakukan soft launching," kata Menhub dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Menhub mengaku telah meninjau proyek pembangunan Pusat Pengujian dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor yang terletak di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Bekasi, Jawa Barat. Dia optimistis target peluncuran pada September 2024 dapat dilakukan.

Menhub mengatakan pembangunan Proving ground masih sesuai dengan target yang ditentukan.

"Secara teknis masih sesuai jadwal dan secara KPBU (Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha) telah memenuhi syarat sehingga kita harapkan pengalaman ini dapat kita lakukan pada proyek-proyek kita yang lain," ujar Menhub.
 

Dia menerangkan Proving Ground merupakan fasilitas pengujian di luar ruangan (outdoor test) sesuai dengan standard internasional yang telah mengadopsi United Nations Agreement Concerning The Adoption of Uniform Conditions of Approval and Reciprocal Recognition of Approval For Motor Vehicle Equipment and Parts (UN Agreement).

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menhub: Pembangunan Pusat Pengujian Kendaraan Bekasi capai 50 persen

Pewarta: Muhammad Harianto

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024