Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Erick Thohir menegaskan komitmen PSSI untuk melakukan transformasi terhadap liga Indonesia menuju liga berkualitas terbaik di level Asia Tenggara dan Asia.

"Untuk (transformasi) liga, satu tahun ke depan, kami akan bongkar-bongkar, kami akan bersih-bersih," ujarnya dalam rekaman suara yang diterima di Jakarta, Kamis.

Ia mengemukakan hal itu berkaitan dengan upaya pembenahan kualitas kompetisi sepak bola liga Indonesia untuk meningkatkan ranking di tingkat Asia Tenggara maupun Asia.

Erick mengatakan akan melakukan bersih-bersih (memperbaiki kekurangan dalam tata kelola liga) karena ranking liga Indonesia masih jauh di bawah negara-negara lain.

Di level Asia, liga Indonesia masih berada di peringkat ke-28. Bahkan di Asia Tenggara, Indonesia berada di peringkat enam, tertinggal dari negara tetangga seperti Malaysia, Filipina, dan Singapura.

"Ini yang kami mau benar-benar liga ini harus ditransformasi," ujarnya.

Tetapi untuk liga, ia melanjutkan, akan ada pembenahan besar-besaran dalam satu tahun ke depan dengan mengedepankan prinsip persatuan antara PSSI dengan para pengelola klub untuk menjadi yang terbaik.

Erick menambahkan, kondisi ranking liga Indonesia yang masih rendah tidak berarti harus ada pihak yang disalahkan dan saling menyalahkan, namun menuntut PSSI dan semua pihak terkait untuk melakukan transformasi demi kemajuan sepak bola di tanah air.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Transformasi liga, Erick: Satu tahun ke depan kami akan bersih-bersih

Pewarta: Aloysius Lewokeda

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024