Anak Menteri Pertanian (Mentan) periode 2019—2023 Syahrul Yasin Limpo (SYL), Indira Chunda Thita, saat bersaksi dalam sidang pemeriksaan lanjutan kasus SYL di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Rabu, mengaku pernah dibelikan jaket senilai Rp46,3 juta oleh sang ayah.

Meski begitu, dia tidak mengetahui lebih lanjut apakah SYL menyuruh orang lain untuk membayar pembelian jaket itu maupun sumber dananya.

"Jaket itu pemberian ayah saya. Sepengetahuan saya yang membayar itu Bapak," kata Thita.

Terkait dengan pembelian barang-barang mewah lainnya yang disebutkan oleh jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkuak di persidangan sebelumnya seperti tas, anting, hingga sepatu menggunakan uang Kementerian Pertanian (Kementan), Thita mengaku tidak pernah menerima semua barang itu.

Menanggapi kesaksian Thita, SYL menegaskan bahwa pembelian jaket di Plaza Senayan, Jakarta pada tahun 2023 tersebut dibayar dengan kartu kredit miliknya.

"Saya kasih kartu kredit saya kepada ajudan saya, Panji dan saya kira itu Thita lihat," ucap SYL.

Dalam kasus tersebut, SYL didakwa melakukan pemerasan serta menerima gratifikasi dengan total Rp44,5 miliar dalam kasus dugaan korupsi di Kementan dalam rentang waktu 2020 hingga 2023.

Pemerasan dilakukan bersama Sekretaris Jenderal Kementan periode 2021–2023 Kasdi Subagyono serta Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan Tahun 2023 Muhammad Hatta, yang juga menjadi terdakwa.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Anak SYL akui dibelikan jaket Rp46,3 juta oleh ayahnya

Pewarta: Agatha Olivia Victoria

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024