Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso memastikan tidak ada upaya atau tindak perusakan terhadap pipa di bawah underpass Jalan Sholeh Iskandar atau Jalan Baru, Kelurahan Kedungbadak, Kota Bogor, Jawa Barat.

Bismo usai mengecek lokasi kejadian, Selasa, menjelaskan pria yang disebut melakukan perusakan itu merupakan warga setempat, yang terindikasi memiliki gangguan jiwa. 

Pria berinisial E (35 tahun) itu, kata Bismo, memang kerap mencuci muka di pipa bawah underpass, dan bukan merusak atau mencuri seperti yang diviralkan dalam video Youtube.

Dalam video yang diunggah di kanal Youtube Pangadang Official, disebutkan bahwa E merupakan oknum perusak underpass yang pura-pura mencuci tangan. 

Di video tersebut, E terlihat sedang mengambil air menggunakan dua gelas plastik dan lari ketika dipanggil oleh sang perekam video. Sebagian besar warganet berkomentar bahwa mereka khawatir bila pria tersebut benar melakukan perusakan.

“Jadi yang diberitakan di video nggak benar. Bukan ada unsur kesengajaan atau diperintah, yang bersangkutan memiliki gangguan jiwa dan telah berobat beberapa kali ke rumah sakit jiwa,” kata Bismo.

Ke depan, Bismo akan berkoordinasi dengan dinas terkait di Pemerintah Kota (Pemkot), agar air yang mengalir di sekitar underpass tidak terus menerus meluber ke jalanan. Karena dikhawatirkan menyebabkan kecelakaan lalu lintas.


Di samping itu, lanjut Bismo, pihaknya akan menghubungi Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor agar pria itu bisa kembali mendapatkan penanganan.

Lurah Kedungbadak Karjono menambahkan, warganya itu memang kondisi mentalnya dalam keadaan tidak sehat.

“Info yang dia suka merusak tidak benar. Dia memang sering main air aja di sini,” kata Karjono.


 

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024