Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Jawa Barat mencatat berdasarkan data keberangkatan, per Sabtu (6/4) atau H-4 Idul Fitri 1445 Hijriah, jumlah pemudik mencapai 8.001 penumpang.

Kepala Terminal Cicaheum Roni Hermanto mengatakan, angka tersebut lebih besar dibandingkan tahun lalu di mana pada H-4 Lebaran 2023 total ada 6.889 penumpang.

Baca juga: Terminal Cicaheum Bandung siapkan 165 bus saat Lebaran 2024

"Kemarin kayanya puncak arus mudik dari Terminal Cicaheum. Jumlahnya naik hingga 108 persen di hari itu," kata Roni di Bandung, Minggu.

Meski demikian, dirinya memprediksi hari ini masih ada penambahan penumpang di Terminal Cicaheum karena mereka banyak yang sudah beli tiket.

Terlebih saat ini masuk periode H-3 di mana biasanya pemudik masih ada yang berangkat pada hari ini.

"Kalau untuk kenaikan penumpang itu H-3 masih ada. Nah setelah itu ada kecenderungan angkanya menurun karena sudah mendekati Lebaran," katanya.

Adapun Terminal Cicaheum sendiri menyiapkan sebanyak 165 bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dan antarkota dalam provinsi (AKDP) untuk melayani periode arus mudik pada Lebaran 2024.


“Untuk bus yang kami sediakan itu ada 165 armada dengan jumlah sekitar 6.600 tempat duduk,” kata Roni.

Roni menjelaskan dari 165 armada bus tersebut, Terminal Cicaheum menyiapkan bus AKAP dengan melayani 106 trayek sedangkan untuk bus AKDP melayani sebanyak 59 trayek.

“Kalau AKDP berarti lingkupnya di dalam provinsi seperti Kuningan, Tasikmalaya, Pangandaran, itu untuk dalam provinsi. Ubtuk antarprovinsinya destinasi favorit itu biasanya Jogja, Solo, dan Surabaya,” kata dia.

 

Baca juga: Terminal Cicaheum Bandung segera direvitalisasi

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024