Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, berhasil memangkas waktu tunggu pada pelayanan kesehatan melalui Program Laras atau Optimalisasi Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit.

Direktur RSUD Cibinong Yukie Meistisia di Cibinong, Rabu, menjelaskan melalui program tersebut, masyarakat bisa mengoptimalkan antrean secara online, sehingga penumpukan di rumah sakit dapat terurai.

Menurut dia, program hasil kolaborasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan ini bertujuan untuk mempercepat waktu pelayanan rawat jalan di rumah sakit, sehingga peningkatan mutu betul-betul bisa dirasakan oleh pasien.

"Program Laras merupakan metode yang digunakan untuk mewujudkan pelayanan yang mudah dan cepat," ungkap Yukie.

Ia menerangkan, untuk transformasi pelayanan kesehatan yang dicanangkan Kementerian Kesehatan RI dan pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), diperlukan inovasi yang berorientasi pada peningkatan mutu layanan, salah satunya adalah kemudahan dan kecepatan dalam mengakses pelayanan rawat jalan rumah sakit.

"Dari semula lamanya waktu antrean rawat jalan di RSUD Cibinong yakni 4 jam 44 menit 23 detik, menjadi 1 jam 50 menit, bahkan ada yang sampai 1 jam 21 menit," kata dia.

Yuki menerangkan, RSUD Cibinong membentuk tim pelaksanaan Program Laras yang membantu memantau proses pelaksanaan kegiatan rumah sakit tersebut.

Tugas tim pelaksanaan antara lain, melakukan koordinasi dengan BPJS Kesehatan Cabang Cibinong terkait pelaksanaan kegiatan, melakukan pengumpulan data dan informasi terkait kegiatan, melakukan identifikasi masalah terhadap objek pelaksanaan bersama BPJS Cabang Cibinong.

 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024