TNI Angkatan Udara (AU) membagikan 2.800 paket sembako pada kegiatan bakti sosial untuk membantu masyarakat di Kota Cirebon, Jawa Barat.
 
“Kegiatan bakti sosial ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 TNI AU,” kata Wakil Asisten Personalia Kepala Staf Angkatan Udara (Waaspers Kasau) Marsekal Pertama TNI Bob Henry Panggabean di Cirebon, Sabtu.

Baca juga: Kota Cirebon sederhanakan pola distribusi beras guna stabilkan harga
 
Dia menjelaskan pelaksanaan bakti sosial bertujuan membantu program-program pemerintah dalam mengatasi permasalahan masyarakat saat ini.
 
Apalagi, kata dia, dalam kegiatan ini 254 personel TNI AU dikerahkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara terpusat di Gedung Negara Kota Cirebon.
 
Ia mengatakan dalam kegiatan itu tidak hanya pembagian sembako, namun TNI AU melaksanakan pelayanan kesehatan gratis bagi warga di Kota Cirebon, berupa pemeriksaan gigi serta pemberian pengobatan umum dan spesialis.
 
“Kegiatan bakti sosial ini kami bagi dua yaitu bakti kesehatan dan bakti pembagian sembako, di mana bakti kesehatannya yang dilaksanakan adalah pemeriksaan umum, gigi, dan mata,” ujarnya.
 
Ia menjelaskan dalam kesempatan tersebut diadakan juga program penyuluhan guna mengedukasi masyarakat agar memahami pentingnya upaya pencegahan stunting, yang kemudian mereka diajak untuk mengikuti aksi donor darah.
 
Ia mengemukakan bakti sosial ini salah satu aksi nyata TNI AU, dalam berkontribusi meningkatkan mutu pelayanan kesehatan serta sosial bagi warga di Kota Cirebon dan daerah lainnya.
 
“Dengan terselenggarannya bakti sosial, diharapkan hubungan solidaritas TNI AU dengan masyarakat bisa terjalin lebih erat,” ujarnya.
 
Penjabat Wali Kota Cirebon Agus Mulyadi mengapresiasi kegiatan bakti sosial ini karena sudah membantu banyak warga di daerah setempat.
 
Selain itu, katanya, kegiatan tersebut salah satu wahana penunjang bagi Pemerintah Kota Cirebon untuk lebih menggelorakan semangat gotong royong dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan.
 
“Secara khusus kami merasa terbantu oleh berbagai bentuk kegiatan bakti sosial ini,” kata dia.

Baca juga: Kota Cirebon targetkan 4 juta turis datang berwisata pada 2024

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024