Antarajawabarat.com,5/8 - Sebanyak 50 anggota DPRD Kota Bandung periode 2014-2019 resmi dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri Bandung Nurhakim SH di Gedung DPRD Kota Bandung Jalan Sukabumi Kota Bandung, Selasa.

Para anggota DPRD Kota Bandung hasil Pemilu Legislatif, 9 April 2014 itu merupakan wakil rakyat yang pertama kali dilantik di Gedung DPRD Kota Bandung yang yang berlokasi di kawasan itu.

DPRD Kota Bandung baru menempati gedung baru senilai Rp80 miliar itu pada Bulan Ramadhan lalu, dan kini menjadi tempat berkantor bagi para anggota DPRD yang baru.

Para anggota DPRD Kota Bandung itu terbanyak dari PDI Perjuangan yakni sebanyak 12 orang, disusul Gerindra tujuh kursi, Golkar, Demokrat, PKS dan Hanura masing-masing enam kursi, Nasdem empat kursi, PPP dua kursi dan PKB satu kursi.

Sementara itu Aris Supriatna dari PDI Perjuangan sementara menjadi Ketua DPRD Kota Bandung. Sebanyak 33 anggota DPRD Kota Bandung yang baru merupakan muka baru, sedangkan 17 orang lainnya merupakan anggora DPRD petahana atau yang juga menjadi anggota dewan periode sebelumnya.

Dari 50 anggota DPRD Kota Bandung itu, tertua adalah wakil dari PPP yakni Yuuf Supardi serta anggota termuda adalah M Al Hadad dari Partai Gerindra.

Nama-nama anggota DPRD Kota Bandung periode 2014-2019 itu berdasarkan Surat Keputuan KPU Kota Bandung Nomor 27/Kpts/KPU-Kota-001.329135/Tahun 2014 dengan tangan penetapan 13 Mei 2014.

Sementara itu Wali Kota Bandung H Ridwan Kamil yang menghadiri acara pelantikan itu menyambut baik komposisi anggota DPRD Kota Bandung yang baru itu dan ia menyatakan siap bekerja sama untuk membangun Kota Bandung.

"Komposisinya berimbang, kekuatan sebagian besar partai berimbang dan diharapkan bisa menjadi kekuatan dewan untuk bisa memaksimalkan pembangunan di Kota Bandung," kata Ridwan Kamil.

Hadir pula pada kesempatan itu Wakil Wali Kota Bandung H Oded M Danial, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Mashudi serta mantan Wakil Wali Kota Bandung H Ayi Vivananda.

Wali Kota menyebutkan, pelantikan anggota DPRD Kota Bandung di gedung yang baru di Jalan Sukabumi Kota Bandung memunculkan semangat baru untuk berkinerja maksimal sebagai wakil rakyat.

"Mereka berkesempatan dilantik di gedung baru, dan diharapkan dengan fasilitas yang baru dan lebih refresentatif bisa memicu semangat baru bagi mereka," kata Ridwan Kamil.

Pada kesempatan itu ia berharap DPRD Kota Bandung segera menetapkan Ketua DPRD Kota Bandung definitif dan tidak terlalu lama dalam prosesnya. Ia barharap dalam lima pekan ke depan sudah ada anggota DPRD Kota Bandung yang definitif.

Terkait dengan mayoritas anggota DPRD Kota Bandung atau 33 orang merupakan wajah baru di DPRD Kota Bandung,diharapkan bisa memunculkan wajah dan semangat baru dalam menjalankan tugasnya sebagai wakil Rakyat.

Komposisi dewan saat ini diharapkannya bisa mewakili pemerintah dan masyarakat yang mendukung perubahan ke arah yang lebih baik sekaligus melakukan pengaturan dan pengawasan yang proporsional.

"Tidak ada alasan untuk khawatir karena rumusan politik tidak pernah sama, semuanya hitung baru," katanya.

Berikut nama-nama anggota DPRD Kota Bandung periode 2014-2019 yang baru dilantik yakni PDIP terdiri dari Rueke Suryaningsih, Willy Kuswandi, Riantono, Herman Budiono, Achmad Nugraha, Aries Supriatna, Sutaya, Kusmana, Iwan Darmawan, Isa Subagja, F Siswanto Maruhun Silalahi, Troyadi Ginanda Lukas.

Kemudian, Denny Wahyudin, Hasan Fauzi, Kurnia Solihat, M Al Hadad, Edi Haryadi, Arif Hamid Rahman, Rizqy Widjaya (Gerindra), Erwan Setiawan, Aan Andi Permana, Dede Hermawansyah, Entang Suryaman, Agus Gunawan, Tomtom Dabul Qomar (Demokrat).

Soyanudin, Nenden Sukaesih, Jhonny Hidayat, Tatang Suratis, Rizal Khairul, Edwin Senjaya (Golkar), Agus Cahyana, Ade Fahrurozi, Jhonson Panjaitan, Endun Hamdun, Deden Deni Gumilar, Gangan Hermawan (Hanura).

Endrizal Nazar, Salmiah Rambe, Teddy Setiadi, Haru Suandharu, Teddy Rusmawan, Yudi Cahyadi (PKS), Untung Tanuwijaya, Dudi Himawan, Rendiana Awangga, Aep Sudrajat (Nadem), Yusuf Sipardi, Zaenal Mutaqin (PPP), Asel Mahyudin (PKB).***3***

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2014