Penjabat Bupati Purwakarta, Jawa Barat, Benni Irwan meminta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) setempat membantu menguatkan usaha kecil menengah (UKM) lokal untuk tumbuh maju agar bisa bersaing serta mampu meningkatkan perekonomian daerah itu.

"Kami berharap Dekranasda Purwakarta dapat melatih dan mampu membaca kondisi dan kebutuhan riil di lapangan dalam membantu para perajin UKM lokal," kata Benni saat pengukuhan Pengurus Dekranasda Purwakarta periode 2023-2024 di Purwakarta, Jumat.

Ia menyampaikan Dekranasda adalah lembaga di bawah Kementerian ESDM RI, sebuah organisasi nirlaba yang menghimpun pencinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usaha tersebut, serta berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya, yang sebagian merupakan kelompok usaha kecil dan menengah.

Setiap kabupaten dan kota di Jawa Barat memiliki Dekranasda, berfungsi sebagai wadah pembinaan seni kerajinan dengan nilai citra rasa dan juga perwujudan keadilan yang ada di tanah air.

Dekranasda memberikan kesempatan usaha sebagai sumber pendapatan dan untuk pembinaan, serta untuk peningkatan kontribusi industri kerajinan dalam pembangunan masyarakat daerah dan peningkatan ekspor.

Benni Irwan yang juga sebagai Dewan Pembina Dekranasda Purwakarta berpesan agar jajaran Dekranasda Purwakarta segera membuat konsep dan program kerja yang jelas, sehingga memiliki aktivitas yang jelas.

 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024